Pesantren Tempat Strategis Tanggulangi Paham Radikal

Jum'at, 30 September 2016 - 16:19 WIB
Pesantren Tempat Strategis Tanggulangi Paham Radikal
Pesantren Tempat Strategis Tanggulangi Paham Radikal
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menghadiri acara Halaqoh Nasional Ulama Pesantren dan Cendikiawan bertajuk Gerakan Dakwah Aswaja Bela Negara di Pesantren Mahasiswa Al Hikam, Depok, Kamis, 29 September 2016.

Suhardi Alius menyampaikan, propaganda yang dilancarkan kelompok radikal sangat masif terjadi di berbagai aspek. Maka itu, upaya penanggulangan radikalisme dan terorisme perlu dilakukan secara cepat dan tepat.

Dia mengatakan, pesantren memiliki peran strategis sebagai tulang punggung dalam pembangunan bangsa. Menurutnya pesantren menjadi tempat anak-anak mendapat ilmu pendidikan agama dan nasional yang komprehensif termasuk dalam menanggulangi paham radikal.

"Ini merupakan sebuah tantangan bagi kita semua, karena bagaimanapun anak-anak bangsa adalah tanggung jawab kita bersama,” ujar Suhardi, Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Dia berharap para ulama jangan lelah mendidik para santri dan masyarakat dengan semangat persatuan dan kesatuan. Upaya ini penting dilakukan karena paham radikal semakin gencar menggerogoti rasa cinta Tanah Air masyarakat. (Baca: Panglima TNI Diminta Buktikan Dugaan Mata-mata Abu Sayyaf di RI)

“Jika fenomena ini tidak segera ditangani, maka nasib bangsa kita ke depan akan sama dengan negara-negara yang sedang berkecamuk di Timur Tengah. Jangan sampai hal tersebut terjadi di negara yang kita cintai ini,” ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6375 seconds (0.1#10.140)