Ketua MPR: Semoga Irman Gusman Tabah

Selasa, 20 September 2016 - 06:03 WIB
Ketua MPR: Semoga Irman Gusman Tabah
Ketua MPR: Semoga Irman Gusman Tabah
A A A
JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapkan keprihatinannya atas masalah hukum yang sedang menimpa Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman.

Zulkifli berharap Irman tabah menghadapi musibah ini."Innalillahi," kata Zulkifli melalui keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Senin (19/9/2016).

Menurut kesaksian Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini, Irman adalah sosok yang baik. Tak hanya mengenal baik senator asal Sumatera Barat itu, Zulkifli juga mengenal keluarga Irman.

"Semoga Pak Irman tabah," ucap Zulkifli.

KPK menyangka Irman telah menerima suap terkait pengurusan kuota impor gula di Sumatera Barat.

Sementara itu, rapat sidang Badan Kehormatan DPD memutuskan memberhentikan Irman Gusman dari jabatan Ketua DPD.

Dalam sidang itu, BK DPD mendengarkan ‎keterangan dari sejumlah pakar tata negara, praktisi hukum. ‎"Pleno BK lalu menyimpulkan dan memutuskan saudara Irman Gusman diberhentikan sesuai dengan perintah Tatib Pasal 52 diberhentikan dari jabatan ketua DPD," kata Ketua BK DPD, AM Fatwa di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 19 September 2016.

Menurut Fatwa, pleno BK DPD tak membahas pemberhentian Irman Gusman sebagai anggota DPD. Sebab, terkait hal ini akan diputuskan dalam ranah pidana. BK hanya membahas dari sisi etik. "Besok rapat paripurna DPD akan kami laporkan," ujarnya.

Dia berharap kepada publik agar menilai secara adil dan objektif dalam menyikapi putusan BK DPD. Fatwa juga berharap publik tak menyikapi putusan ini secara berlebihan. "Nanti ada tahapannya sidang pleno pergantian ketua, biarlah itu nanti sidang paripurna yang memutuskan‎," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8503 seconds (0.1#10.140)