DPR Sayangkan Jokowi Depak Arcandra Tahar Begitu Saja

Selasa, 16 Agustus 2016 - 09:40 WIB
DPR Sayangkan Jokowi Depak Arcandra Tahar Begitu Saja
DPR Sayangkan Jokowi Depak Arcandra Tahar Begitu Saja
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritik sistem Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah lalai dalam melakukan seleksi menteri.

Kritik Fahri merujuk pada ditunjuknya Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada reshuffle kabinet jilid II. Belakangan diketahui, Arcandra memiliki kewarganegaraan ganda.

Menurut Fahri, ada sistem pengambilan keputusan yang salah dalam Kabinet Kerja, sehingga tidak selektif dalam mengangkat menteri. "Ini harus jadi evaluasi mendasar bagi Jokowi. Saat ambil keputusan abaikan lembaga pendukung presiden, BIN, Setneg, Kemenlu, hingga Kemenkumham," ujar Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2016).

Lebih lanjut, Fahri meminta Presiden Jokowi untuk bertanggung jawab atas kejadian ini. Karena atas perintah Jokowi, Arcandra pulang ke Indonesia dan diangkat menjadi menteri sesuai dengan bidang keahliannya.

"Sayang orang seperti Pak Arcandra ini tidak dimanfaatkan. Saya menyarankan agar presiden tetap gunakan dia. Apalagi kalau memang benar dia sudah undurkan diri dari kewarganegaraan AS, maka presiden harus tanggung jawab," tegas Fahri.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8718 seconds (0.1#10.140)