Evaluasi Arus Mudik, Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran

Selasa, 05 Juli 2016 - 15:35 WIB
Evaluasi Arus Mudik, Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran
Evaluasi Arus Mudik, Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mengantisipasi arus balik Lebaran tidak mengalami kemacetan panjang seperti arus mudik. Berdasarkan hasil evaluasi atas kemacetan panjang yang terjadi pada arus mudik melahirkan beberapa solusi alternatif dalam mengatasi arus balik Lebaran nanti.

Dirjen Perhubungan Darat (Dirhubdar) Pudji Hartanto mengatakan pihaknya bersama pihak terkait akan fokus pada pintu tol yang menjadi jalur utama arus balik. Pihaknya akan melakukan pengalihan arus lebih awal sebelum kemacetan panjang terjadi.

"Sebelumnya kan itu ada pintu Tol Karawang Timur, Barat. Nah ini sudah diantisipasi, meskipun nanti semua akan mengarah ke jalur lama, jalur Bekasi," ujar Pudji dalam konferensi persnya di Gedung Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (5/7/2016).

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan apresiasinya kepada aparat kepolisian dan pihak terkait di lapangan yang bekerja keras dalam mengatasi kemacetan panjang dalam arus mudik Lebaran. (Baca: Satlantas Polri Mencatat Kecelakaan Mudik Tahun Ini Turun 25%)

"Hasil rapat tadi, memang disampaikan Kakorlantas berkaitan dengan konsenstrasi terhadap arus balik, berkaitan dengan kita berharap tidak seperti arus mudik. Pastinya sudah dievaluasi, Polda Metro dan Polda Jabar akan lebih siap," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1715 seconds (0.1#10.140)