Kegiatan Mudik Memberi Banyak Manfaat

Minggu, 03 Juli 2016 - 16:49 WIB
Kegiatan Mudik Memberi Banyak Manfaat
Kegiatan Mudik Memberi Banyak Manfaat
A A A
JAKARTA - Direktur Pendidikan Reformasi Masyarakat Madani (Permadani), Hendra Martadinata mengatakan, mudik sebagai tradisi tahunan jelang Lebaran, sebenarnya bisa banyak memberi manfaat.

Menurut Hendra, kegiatan ini bahkan berkontribusi bagi peradaban. Memasuki H-3 jelang Lebaran, arus mudik terlihat semakin ramai di beberapa ruas jalan tertentu.

"Di samping sebagai ajang silaturahmi, tradisi mudik lebaran juga bermanfaat bagi sektor ekonomi. Terlihat dari sepanjang perjalanan mudik tidak sedikit masyarakat menawarkan dagangan yang memang menjadi kebutuhan pemudik," kata Hendra, melalui siaran pers kepada media, Minggu (3/7/2016).

Menurutnya, pemudik harus turut menjaga ketertiban bukan hanya karena faktor keselamatan yang menjadi tanggung jawab bersama. Tetapi juga sebagai bentuk empati masyarakat beradab, kepada pihak aparat yang di tengah masa libur berkumpul keluarga, mereka justru bekerja keras mengupayakan keselamatan pemudik.

Hendra memandang bahwa para pemudik juga bisa hadir sebagai agen peradaban membangun masyarakat madani yang lebih maju. Apalagi mengingat pemudik umumnya berasal dari kota besar menuju daerah.

"Dari perkembangan sosial, kompleksitas masyarakat kota yang lebih tinggi membentuk peradaban yang lebih maju. Para pemudik yang umumnya kembali ke kampung halaman bisa berbagi gagasan, khususnya yang mungkin diadopsi dan dikembangkan di daerahnya," paparnya.

Dia memandang, selama ini pemudik hanya banyak berbagi pengalaman tetapi bukan gagasan. Sehingga yang terjadi bukan transformasi pengetahuan untuk memajukan daerah, tapi justru melahirkan arus urbanisasi karena masyarakat berpikir kemajuan hanya terdapat di kota-kota besar.

"Bahwa sekarang ini sudah saatnya pemudik memposisikan diri sebagai agen perubahan. Bukan dengan cara mengurangi jumlah penduduk daerah menuju ke kota, tetapi dengan meningkatkan taraf hidup daerah dengan berbagi gagasan yang sudah terbukti berhasil di kota tempat dia tinggal," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0761 seconds (0.1#10.140)