Staf Kemendagri Salah Ketik Nama KPK Adalah Tenaga Honorer

Kamis, 09 Juni 2016 - 15:37 WIB
Staf Kemendagri Salah Ketik Nama KPK Adalah Tenaga Honorer
Staf Kemendagri Salah Ketik Nama KPK Adalah Tenaga Honorer
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membantah ada unsur kesengajaan dalam pengetikan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi Komisi Perlindungan Korupsi (KPK) di undangan. Kesalahan tersebut bersifat teknis tanpa adanya unsur kesengajaan.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Soedarmo mengatakan, kesalahan pengetikan itu murni faktor human error. Menurutnya, staf yang mengetik nama KPK adalah tenaga honorer di Kemendagri.

"Tidak ada faktor kesengajaan setelah saya periksa yang bersangkutan," ujar Soedarmo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Dia mengakui staf yang mengetik nama KPK belum memahami betul tugasnya. Bahkan, kata dia, staf itu sudah mengakui kesalahannya. "Sehingga terjadi kesalahan jadi komisi perlindungan korupsi," ucapnya.

Dia menambahkan, sanksi pemecatan yang diberikan ke staf pembuat surat salah ketik itu sebagai pelajaran bagi staf lain agar kesalahan serupa tidak terulang di kemudian hari. (Baca: Pelesetkan Kepanjangan KPK, Staf Kemendagri Dipecat)

"Karena ini staf saya, ini tanggung jawab saya. Yang memberikan arahan atau untuk pembinaan ke Ditjen politik adalah saya. Saya sudah sampaikan ke Menteri bahwa ini kesalahan saya yang tidak memberikan kontrol," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7327 seconds (0.1#10.140)