SC Munaslub Siapkan Tiga Skenario Pemilihan Ketua Umum Golkar

Selasa, 17 Mei 2016 - 01:25 WIB
SC Munaslub Siapkan Tiga Skenario Pemilihan Ketua Umum Golkar
SC Munaslub Siapkan Tiga Skenario Pemilihan Ketua Umum Golkar
A A A
JAKARTA - Forum musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) Partai Golkar segera memasuki tahap akhir yakni pemiliham ketua umum baru. Kini, panitia penyelenggara Munaslub tengah tengah menyiapkan setting pemilihan.

Ada 20 bilik suara dan dua kotak suara kaca yang disiapkan panitia di ruang sidang, di Bali Nusa Dua Conventions Center, Selasa (17/5/2016) dini hari. "Proses persiapannya kira-kira akan makan waktu satu jam," kata Anggota SC Munaslub Partai Golkar Andi Sinulingga.

Ada 560 pemilik suara yang akan menggunakan hak pilihnya yang terdiri 34 DPD I, 514 DPD II, 10 ormas pendiri dan ormas yang didirikan, dan masing-masing satu untuk DPP dan Dewan Pertimbangan Partai Golkar.

Ada tiga mekanisme yang telah disiapkan SC di dalam pemilihan kali ini. Pertama, jika hanya satu bakal calon yang mendapat suara 30% suara, maka secara otomatis calon tersebut ditetapkan sebagai ketua umum terpilih.

Kedua, jika ada dua atau lebih bakal calon yang mendapat 30% dukungan, maka akan dilangsungkan pemilihan ulang. Ketiga, jika tidak ada satu pun bakal calon yang mendapat 30% dukungan suara, maka akan dipilih calon yang memperoleh tiga besar suara. Nantinya, mereka akan kembali dipilih ulang untuk mencari ketua umum baru.

Sinulingga memperkirakan, proses pemilihan akan berlangsung sekitar tiga jam. Para pemilik suara akan panggil satu persatu untuk diberi kesempatan memilih di dalam bilik suara melalui voting tertutup.

"Setelah semua memilih, baru akan dihitung. Itu prosesnya bisa sama, 3-4 jam," kata Andi Sinulingga.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3413 seconds (0.1#10.140)