Reklamasi Bisa Buat Air Tetap Bersih

Minggu, 28 Februari 2016 - 21:50 WIB
Reklamasi Bisa Buat Air Tetap Bersih
Reklamasi Bisa Buat Air Tetap Bersih
A A A
JAKARTA - Reklamasi dinilai akan mampu membuat jernih air Teluk Benoa, Bali. Reklamasi akan menggunakan sistem pintu air terbuka dan tertutup, sirkulasi air tetap bersih dan ketinggian stabil.

"Pada saat air pasang, pintu air ditutup. Pada saat air surut, pintu air dibuka. Sehingga ada flushing (pembilasan) atau pencucian air di kawasan Teluk Benoa."

Demikian disampaikan ahli hidrodinamika, Sujantoko kepada wartawan, Minggu (28/2/2016).

Melalui model seperti itu, kondisi air tetap bersih dan stabil. Berbeda dengan kondisi saat ini, jika air surut Teluk Benoa tidak ada air dan berlumpur. "Reklamasi Teluk Benoa sudah merencanakan agar pada saat pasang atau surut air tetap bersih dan stabil," katanya.

Dari segi sirkulasi air, reklamasi akan menjadikan kawasan Teluk Benoa jauh lebih bersih dibandingkan kondisi saat ini.

"Nanti kanal antar pulau dilakukan dredging (pengerukan) untuk pendalaman. Sungai yang menuju ke Teluk Benoa juga akan didredging agar lebih dalam dan bersih," tuturnya.

Direncanakan Teluk Benoa di Bali yang saat ini alami disfungsi karena sedimentasi akan direvitalisasi dengan berbasis reklamasi.

Revitalisasi Teluk Benoa akan dilaksanakan mengacu kepada adat, budaya, agama Hindu Bali dan kesejahteraan rakyat setempat.


PILIHAN:
Lama Terjebak Konflik, Golkar Perlu Rebranding
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7260 seconds (0.1#10.140)