Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Membaik

Rabu, 27 Januari 2016 - 20:54 WIB
Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Membaik
Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Membaik
A A A
JAKARTA - Indeks persepsi korupsi (corruption perception index/CPI) Indonesia pada tahun 2015 mengalami perbaikan dibanding tahun sebelumnya.

Transparency International (TI) menyatakan skor Indonesia naik 2 poin dan naik 19 peringkat menjadi urutan 88 dari 168 negara.

"Skor Indonesia naik dua poin dan naik 19 peringkat dari tahun sebelumnya," tulis siaran pers Transparency International Indonesia (TII), Rabu (27/1/2016).

Kendati demikian, kenaikan itu belum bisa menandingi skor Singapura yang berada di peringkat 8, Malaysia di posisi 54, Thailand 76. Menurut TI, peringkat Indonesia lebih baik dibandingkan Filipina 95, Vietnam 112, Myanmar 147.

TII menilai kenaikan skor CPI dan terpilihnya pemimpin baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa optimisme terhadap perbaikan pemberantasan korupsi.

Menurut TII, optimisme publik ini perlu disikapi dengan perumusan strategi untuk mencapai target pencapaian CPI di bawah kepemimpinan baru KPK. TII menilai, dari skor tersebut memperlihatkan Indonesia menunjukkan kenaikan konsisten dalam pemberantasan korupsi.

Kendati demikian, TII menilai kenaikan itu terhambat oleh masih tingginya korupsi di sektor penegakan hukum dan politik. "Tanpa kepastian dan pengurangan penyalahgunaan kewenangan politik, kepercayaan publik terhadap pemerintah akan turun dan memicu memburuknya iklim usaha Indonesia."

Corruption Perception Index (CPI) merupakan indeks komposit yang mengukur persepsi pelaku usaha dan pakar terhadap korupsi di sektor publik, yaitu korupsi yang dilakukan oleh pegawai negeri, penyelenggara negara dan politikus.

Sejak diluncurkan pada tahun 1995, CPI telah digunakan oleh banyak negara sebagai rujukan tentang situasi korupsi dalam negeri dibandingkan dengan negara lain.


PILIHAN:

Rangkul PAN-Golkar, Pemerintah Bantah Bikin Koalisi Gemuk
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3782 seconds (0.1#10.140)