Bambang Soesatyo Resmi Dilantik Jadi Ketua Komisi III

Senin, 25 Januari 2016 - 15:21 WIB
Bambang Soesatyo Resmi Dilantik Jadi Ketua Komisi III
Bambang Soesatyo Resmi Dilantik Jadi Ketua Komisi III
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon resmi melantik Bambang Soesatyo sebagai Ketua Komisi III DPR. Bamsoet sapaan akrab Bambang bertukar posisi dengan Aziz Syamsuddin. Aziz saat ini menempati posisi Bamsoet sebagai Sekretaris Fraksi Golkar di DPR.

Sebelum memulai, Fadli Zon menanyakan terlebih dahulu kepada 31 anggota Komisi III DPR yang hadir dari 51 anggota dengan agenda pergantian pemimpin Komisi III.

"Sebelum memulai, sesuai dengan peraturan bahwa pergantian ini harus melalui musyawarah mufakat, apakah pergantian Aziz Syamsuddin sebagai Ketua Komisi III DPR kepada Bambang Soesatyo disetujui?" tanya Fadli Zon di ruangan rapat Komisi III DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Sontak seluruh anggota Komisi III DPR RI teriak, "Setuju..." Maka, Fadli Zon melanjutkan dengan menyerahkan palu sidang kepada Bamsoet sebagai simbol pelantikan.

Rapat pleno Komisi III DPR dengan agenda pergantian pemimpin Komisi III DPR disaksikan jajaran petinggi Polri diantaranya Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan.

Fadli melanjutkan, pelantikan Bamsoet sah sesuai dengan Undang-undang (UU) MD3. "Udah disahkan dan bisa laksanakan tugas sebaik-baiknya," ucapnya.

Terkait pergantian alat kepengkapan dewan (AKD) yang ditandatangani oleh ketua fraksi tanpa tanda tangan sekretaris fraksi, Politikus Partai Gerindra itu menilai hal tersebut adalah mekanisme internal fraksi.

"Kami enggak tahu tapi sesuai aturan, apa yang jadi keputusan fraksi yang kami lanjutkan," ucap Fadli.

Namun, dia menegaskan, Fraksi Golkar yang diketuai oleh Setya Novanto sudah diakui oleh DPR. Pasalnya, pada tanggal 10 Januari 2016 Fadli sudah menandatangani perubahan kepengurusan Fraksi Golkar di DPR.

"Saya teken berdasarkan rapat pimpinan DPR tanggal 8 Januari. Kita tidak campuri urusuan masing-masing. Kalau ada surat dari fraksi yang sah kami tindak lanjuti sesuai aturan," tandasnya.

Dengan digantikannya Aziz Syamsuddin sebagai Ketua Komisi III DPR maka susunan pemimpin Komisi III DPR sebagai berikut:

1. Bambang Soesatyo sebagai Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar.
2. Trimedya Panjaitan sebagai Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi PDIP.
3. Desmond J Mahesa sebagai Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Gerindra.
4. Benny K Harman sebagai Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat.
5. Mulfachri Harahap sebagai Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Amanat Nasional.

PILIHAN:

Yorrys Dukung Sikap Ical Tolak Maju Jadi Ketum Golkar

Soal Nama Caketum Golkar, Idrus Minta Jangan Dahului Proses
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9070 seconds (0.1#10.140)