Megawati Kritik Kementerian Tak Sejalan dengan Nawa Cita

Minggu, 10 Januari 2016 - 14:52 WIB
Megawati Kritik Kementerian Tak Sejalan dengan Nawa Cita
Megawati Kritik Kementerian Tak Sejalan dengan Nawa Cita
A A A
JAKARTA - Setahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi), sejumlah kementerian dan lembaga belum mampu mengejawantahkan semangat Nawa Cita. Hal ini berdasarkan hasil kajian sementara yang dilakukan Pusat Analisa dan Pengendali Situasi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hasil kajian tersebut menyebutkan adanya perbedaan cukup signifikan pada tataran implementasi program. Apa yang ada di Nawa Cita sering berbeda dengan program yang ada di kementerian dan lembaga.

"Bahkan road map pembangunan dan politik anggaran yang disusun, terindikasi banyak yang tidak selaras dengan Nawa Cita, yang sesungguhnya juga merupakan penjabaran Trisakti," ungkap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pembukaan Rakernas I PDIP di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/1/2016).

Pada kesempatan itu Megawati juga melontarkan kritik secara khusus kepada praktik perusahaan BUMN yang dinilainya masih menerapkan korporasi swasta. Padahal, kata dia konstitusi mengamanatkan pentingnya peran BUMN sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional.

Maka itu, dia mengingatkan BUMN harus memiliki fungsi dan menjadi alat negara untuk meningkatkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

"Yang terjadi saat ini BUMN hanya diperlakukan seperti korporasi swasta yang mengedepankan pendekatan bisnis semata, atau yang sering didengungkan sebagai pendekatan business to business," ucapnya.

Baca: Jajaran Kabinet Jokowi-JK Hadiri Rakernas I PDIP.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7358 seconds (0.1#10.140)