Alasan Pansus Pelindo II Rekomendasikan Pemecatan Rini Soemarno

Kamis, 07 Januari 2016 - 12:23 WIB
Alasan Pansus Pelindo II Rekomendasikan Pemecatan Rini Soemarno
Alasan Pansus Pelindo II Rekomendasikan Pemecatan Rini Soemarno
A A A
JAKARTA - Rapat Panitia Khusus (Pansus) Pelindo II DPR telah membuktikan adanya dugaan korupsi di pelabuhan, kerugian negara dan kongkalikong Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Direktur Utama PT Pelindo II saat itu RJ Lino.

Maka itu, Pansus Pelindo II dalam rekomendasinya meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot Rini Soemarno dan RJ Lino dari jabatannya.

"Kami rasa yang soal crane dan JICT sudah terang benderang. Makanya kita merasa perlu untuk sampaikan laporan awal rekomendasi pertama tersebut," ujar anggota Pansus Pelindo II, M Hekal, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Dia mengatakan, sebelum mengeluarkan rekomendasi, pihaknya telah memanggil sejumlah saksi dan pihak terkait dalam penyelidikan di Pelindo II. Dia menyebutkan, mulai dari perpanjangan kontrak JICT yang bermasalah, pengadaan mobile crane dan QCC, hingga dugaan korupsi lain seperti dugaan gratifikasi RJ Lino kepada Rini Soemarno.

"Jika presiden peka, beliau sudah tahu bobot masalah dan bisa gerak duluan. Sambil kita selesaikan agenda-agenda lain terkait Pelindo II," ucapnya.

RJ Lino sendiri sudah tidak menjabat Dirut PT Pelindo II setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Quay Container Crane.

Baca: Rini Santai Ladeni Rekomendasi DPR Atas Pencopotan Dirinya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6902 seconds (0.1#10.140)