Pengamat: Nasdem Mainkan Politik Bola Pingpong

Sabtu, 24 Oktober 2015 - 07:05 WIB
Pengamat: Nasdem Mainkan...
Pengamat: Nasdem Mainkan Politik Bola Pingpong
A A A
JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dinilai sedang memainkan politik bola pingpong atas tanggapannya terhadap isu Partai Amanat Nasional (PAN) akan masuk Kabinet Kerja.

Pengamat Politik dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Idil Akbar mengatakan, Nasdem merupakan salah satu partai politik (Parpol) yang tergabung di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) kadernya berpotensi terkena reshuffle jilid II.

"Nasdem sebagai parpol pertama yang bergabung mendukung Jokowi tentu tidak akan rela melepaskan itu," ujar Idil saat dihubungi SINDO, Jumat 23 Oktober 2015 malam.

Namun demikian, Idil mengingatkan bahwa baiknya Nasdem tidak perlu marah jika PAN bisa masuk Kabinet Kerja. Karena, jika PAN bisa masuk Kabinet Kerja berarti sangat pandai dalam membaca situasi.

Dia menilai, kalaupun kekhawatiran PAN melakukan standar ganda karena di parlemen tetap mendukung Koalisi Merah Putih (KMP) dan mendukung pemerintah di sisi lain itu merupakan hal yang wajar di politik.

"Lalu apakah ada parpol yang benar-benar lurus dalam berpolitik?" Imbuhnya.

Terlebih, tambah Idil, posisi Nasdem saat ini tengah dipertanyakan integritasnya setelah berkoar akan menjadi partai bersih dan tidak korup tapi faktanya melakukan korupsi. Karena itu, Nasdem tidak perlu sewot atas kelihaian PAN memainkan perannya dan mendapatkan keuntungan.

"Apalagi jika memang berpindahnya PAN ke kubu Pemerintah didalamnya diduga terdapat kesepakatan penempatan menteri kabinet," tandasnya.

PILIHAN:
Jokowi Diminta Urus Persoalan Kabut Asap Ketimbang ke Amerika

MA Tegaskan SK Menkumham PPP-Golkar Batal
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)