DPR Apresiasi Penetapan Hari Santri Nasional

Selasa, 20 Oktober 2015 - 18:33 WIB
DPR Apresiasi Penetapan Hari Santri Nasional
DPR Apresiasi Penetapan Hari Santri Nasional
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

"Kita mengapresiasi langkah pemerintah Pak Presiden dalam hal ini menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional," kata Masinton di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (20/10).

Menurut Masinton, penetapan Hari Santri Nasional berangkat dari spirit nasionalisme dan kebangsaan. Para santri berkontribusi besar membela Tanah Air dari cengkraman kolonialisme dan imprealisme.

"Jadi sejarah santri di republik ini melekat pada bangsa ini. Kita mengucapkan selamat Hari Santri serta mengajak agar kita tetap memperkokoh sendi-sendi kebangsaan kita, kita memperkokoh nasionalisme kita bersama," tutur Masinton.

Masinton juga mengapresiasi rangkaian acara perayaan Hari Santri Nasional. Salah satunya puncak acara kirab Hari Santri Nasional, yaitu pameran lukisan para kiai dan santri yang digelar di Tugu Proklamasi pada 22 Oktober 2015.

"Lukisan para kiai dan santri ini karya yang luar biasa, karena lahir dari cita rasa seni dan religi," kata Masinton.

Hal senada disampaikan Anggota fraksi Kebangkitan Bangsa (PKB) Arzeti Bilbina yang mengapresiasi penetapan Hari Santri Nasional. "Alhamdulillah Presiden Jokowi begitu merespons dan begitu mencintai akhirnya pada tanggal 22 oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional," ujarnya.

Menurut Arzeti, keberadaan para santri dan kiai memperkuat keberadaan revolusi mental bagi masyarakat Indonesia. Sehingga revolusi mental bisa terwujud dengan nyata.

PILIHAN:
Komisi III: Jokowi-JK Lemah Pencegahan Dini Persoalan Hukum

Survei Poltracking: Masyarakat Dukung Jokowi Reshuffle Kabinet
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8416 seconds (0.1#10.140)