Setahun Jokowi-JK, Tingkat Kepuasan Masyarakat Merosot

Selasa, 20 Oktober 2015 - 14:40 WIB
Setahun Jokowi-JK, Tingkat Kepuasan Masyarakat Merosot
Setahun Jokowi-JK, Tingkat Kepuasan Masyarakat Merosot
A A A
JAKARTA - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merosot jika dibandingkan penilaian terhadap enam bulan sebelumnya.

Dalam survei yang dilaksanakan Poltracking Indonesia, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK hanya mendapatkan 42,95%, sementara 51,26% menyatakan tidak puas.

"Jika dibandingkan survei enam bulan sebelumnya, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK turun dari 44% ke 42,95%," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha dalam rilis hasil surveinya di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Dalam hal ini, publik menilai kinerja pemerintahan Jokowi-JK di bidang ekonomi buruk dengan 71,79% menyatakan ketidakpuasannya dibandingkan lima bidang lain yakni politik, hukum, kesehatan, keamanan dan pendidikan.

"Hanya bidang pendidikan yang dinilai oleh publik cukup baik, yakni 59,90% publik mengatakan puas," terangnya.

Selain itu, mayoritas publik juga menilai pemerintahan Jokowi-JK berkinerja buruk dalam hal menjaga stabilitas rupiah dan harga kebutuhan hingga mengentaskan masalah kemiskinan dan pengangguran.

"Sedangkan untuk masalah pendidikan terjangkau dan berkualitas, kinierja pemerintah dinilai cukup baik dengan 58,84%," tutupnya.

Sekadar informasi, survei ini dilaksanakan pada 7 hingga 14 Oktober 2015 dengan melibatkan 1.200 responden dari seluruh provinsi di Indonesia serta margin of error +- 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

PILIHAN:

Golkar Minta Pemerintah Perbanyak Lapangan Kerja

Kondisi Politik Hingga Pemberantasan Korupsi Tak Berubah
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6610 seconds (0.1#10.140)