Gayus Tambunan Pernah Keluar Lapas Urus Gugatan Cerai

Senin, 21 September 2015 - 15:26 WIB
Gayus Tambunan Pernah Keluar Lapas Urus Gugatan Cerai
Gayus Tambunan Pernah Keluar Lapas Urus Gugatan Cerai
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak memastikan terpidana kasus penggelapan pajak Gayus Tambunan pernah meninggalkan sel tahanannya di Lapas Sukamiskin, Bandung.

Wayan menyebut, Gayus keluar tahanan untuk keperluan mengurus gugatan perceraian dengan istrinya. "Memang dia (Gayus) keluar tanggal 9 September (2015)," jelas Wayan Dusak, di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Wayan Dusak menjelaskan, keluarnya Gayus untuk mengurus gugatan cerai dilakukan di Pengadilan Agama Jakarta Utara pada 9 September 2015.

Terkait kabar beredar Gayus keluar sel tahanan dan heboh di media sosial, Wayan mengaku pihaknya tengah menyelidiki informasi tersebut. Bahkan, Dirjen PAS Kemenkumham mengklaim sudah mengirim tim ke Lapas Sukamiskin guna menyelidiki hal tersebut.

"Nah itu yang sedang kita selidiki. Dia keluar di situ atau di restoran. Atau dimana, bisa saja di pengadilan kan ada restoran. Tapi kalau di luar dari itu berarti ada yang salah," tuturnya.

Dia menegaskan, jika terbukti foto yang beredar di media pada tanggal 9 Mei 2015 merupakan foto Gayus Tambunan, maka pihaknya memastikan tindakan tersebut di luar prosedur yang berlaku.

Sebab, Gayus bisa dianggap keluar tanpa pengawalan petugas Lapas maupun kepolisian. Gayus, kata Wayan, terancam terkena sanksi tegas dari Lapas. "(Keluar Lapas) enggak boleh dong mestinya dari Lapas dan dari polisi. Kalau enggak dikawal itu namanya liar," tukasnya.

Seperti diketahui, foto mirip Gayus sedang makan di salah satu restoran berpose dengan dua orang perempuan yang sengaja diblur wajahnya heboh di sosial media (Sosmed). Momen itu diduga saat Gayus usai menjalani sidang di Pengadilan Agama Jakarta Utara pada tanggal 9 Mei 2015.

Di foto yang beredar, Gayus tampak memakai kaos biru, celana jeans dan topi biru serta memakai jam tangan. Sebuah telepon genggam pun tampak berada di atas meja di hadapannya. Di atas meja tampak tersedia dua gelas minuman, dompet, handphone milik wanita di hadapannya.

Foto mirip Gayus yang beredar di media sosial tersebut menjadi sorotan publik. Pasalnya, Gayus adalah terpidana kasus pajak yang divonis 30 tahun penjara oleh pengadilan dan berstatus tahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung.

Sebelumnya, Gayus juga pernah tepergok keluar tahanan saat menonton turnamen tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions 2010 yang digelar di Nusa Dua, Bali. Saat itu Gayus yang bersama istrinya Milana Anggraeni berhasil mengelabui petugas dengan cara menggunakan wig.

PILIHAN:

DPR Minta Gayus Dipindahkan ke Lapas Super Maksimum Sekuriti

Komisi III Minta Gayus Tambunan Tak Diberi Remisi
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7549 seconds (0.1#10.140)