SNMPTN-SBMPTN Akhirnya Gratis

Kamis, 17 September 2015 - 09:38 WIB
SNMPTN-SBMPTN Akhirnya Gratis
SNMPTN-SBMPTN Akhirnya Gratis
A A A
JAKARTA - Rencana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berbayar untuk tahun depan akhirnya dibatalkan.

Pemerintah malah akan menggratiskan pula biaya pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengatakan, tahun depan biaya pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN akan digratiskan.

Kementerian bersama DPR, akan memperjuangkan anggaran untuk pos pendaftaran masuk PTN baik jalur undangan maupun tulis tersebut masuk dalam anggaran negara 2016. ”Terus terang jika kami tidak berpihak kepada masyarakat, kami nanti akan didemo,” katanya kemarin.

Mantan Rektor Undip Semarang itu menjelaskan, pendaftaran SNMPTN tetap gratis seperti tahun sebelumnya karena subsidi Rp200 miliar akan digelontorkan ke panitia SNMPTN. Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah merasa aneh jika tahun depan SNMPTN dan SBMPTN digratiskan, sebab anggaran Kemenristek Dikti untuk 2016 itu masih kurang Rp9,688 triliun dari usulan pagu sementara Rp37,98 triliun.

Neneng zubaidah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)