Usakti Bangun Budaya Tertib Kampus

Jum'at, 11 September 2015 - 10:43 WIB
Usakti Bangun Budaya Tertib Kampus
Usakti Bangun Budaya Tertib Kampus
A A A
JAKARTA - Universitas Trisakti (Usakti) membangun budaya tertib kampus dalam setiap kegiatan Pengenalan Program Studi Mahasiswa Baru (PPSMB) dan Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan (PPSPP).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Trisakti Hein Wangania mengatakan, budaya tertib kampus tersebut salah satunya mengisi masa orientasi mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan yang lebih berbobot daripada melakukan perploncoan yang mengarah kekerasan fisik. ”Seperti penyuluhan antinarkoba dan kegiatan orientasi reformis muda Trisakti yang merupakan motivasi yang diberikan kepada mahasiswa baru untuk menunjukkan nilai-nilai ketrisaktian,” ujar Hein di Jakarta kemarin.

Berbagai motivasi maupun penyuluhan bisa mendatangkan narasumber dari kalangan menteri hingga alumni Usakti yang sudah mapan. ”Pada kegiatan PPSMB di kampus kami tidak ada kegiatan mengarah pada bullying dan kekerasan. Ini terlihat dari atribut yang dikenakan pada mahasiswa baru yang tidak menunjukkan adanya perploncoan,” katanya.

Dalam masa PPSMB Usakti, para mahasiswa baru tidak ada yang mengenakan atribut tidak wajar, seperti memakai topi kerucut dari karton, memakai pot bunga plastik di kepala sebagai topi, mengikat sampah di pinggang, memakai dot balita, memakai karton di dada yang ditulis dengan nama hewan, memakai sepatu berbeda warna, serta atribut lain yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan.

Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti Puri Andamas menuturkan bahwa dalam kegiatan PPSMB Usakti, mahasiswa baru hanya diwajibkan menggunakan seragam hitam putih saja tanpa atributatribut yang aneh-aneh.

”Kita tidak menginginkan adanya senioritas antara mahasiswa lama dan mahasiswa baru. Justru kita ingin memperkenalkan adik-adik ini tentang dunia perkuliahan yang tentunya tidak sama dengan masa di SMA. Kita juga ingin semua mahasiswa dapat turut berkontribusi dalam pembangunan Usakti,” katanya.

Ant
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4718 seconds (0.1#10.140)