AP II Perluas Ruang Tunggu Terminal 2 Bandara Soetta

Rabu, 09 September 2015 - 11:07 WIB
AP II Perluas Ruang Tunggu Terminal 2 Bandara Soetta
AP II Perluas Ruang Tunggu Terminal 2 Bandara Soetta
A A A
TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) secara bertahap mulai melakukan sterilisasi ruang komersial di Terminal 2 Bandara Soekarno- Hatta, Tangerang.

Sebelumnya kawasan ini diisi sejumlah tenant. Badan usaha milik negara (BUMN) tersebut masih fokus pada Terminal 2 karena tingkat kepadatan sudah sangat tinggi. President Director PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menuturkan, pembongkaran sekitar 20% area bagi penyewa tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada calon penumpang di terminal yang biasa digunakan untuk penerbangan internasional tersebut.

Sebagai informasi, sejumlah maskapai internasional yang beroperasi di Terminal 2D, di antaranya Air China, All Nippon Airways (ANA), dan Cathay Pacific. ”Kami telah membongkar sekitar 20% tenant di area komersial demi menciptakan ruang publik yang lebih luas sehingga berdampak pada kenyamanan penumpang pesawat,” katanya kemarin.

Rencananya area yang sebelumnya menjadi tempat komersial itu digunakan untuk penambahan kursi tunggu. Selain itu, Angkasa Pura II juga telah menggabungkan customer service dari setiap maskapai. ”Ini akan kita lakukan di seluruh bandara yang dikelola kami,” tuturnya. Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura II Faik Fahmi menyatakan, sterilisasi ruang komersial akan terus dijalankan secara bertahap dengan tetap memperhitungkan kontrak yang terjalin dengan para penyewa.

”Masalah utama Soekarno-Hatta adalah kapasitas. Seharusnya untuk 22 juta penumpang, tetapi sekarang sudah mencapai 60 juta penumpang. Dampaknya bermacam-macam, termasuk pelayanan yang dalam hal ini penumpang merasa tidak nyaman,” ujarnya. Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang menyediakan fasilitas khusus yakni lounge bagi jamaah umrah.

Fasilitas ini dibangun karena banyak penumpang jamaah umrah yang kerap tidur di lantai lobi atau tepi jalan (curbside). Mereka tersebar di beberapa sudut bandara itu. Bangunan ini mampu menampung 1.500 orang jamaah dengan sejumlah fasilitas seperti karpet bersih, sofa yang nyaman, makanan dan minuman, tempat shower, serta musala yang luas. Lounge umrah terletak di luar gedung terminal.

Hal itu guna memberikan kemudahan akses transportasi khususnya bagi rombongan yang tiba di bandara dengan bus. Di samping itu, PT Angkasa Pura II juga menyediakan fasilitas jalur cepat (fast track ) bagi para jamaah sehingga tidak perlu antre lama untuk naik pesawat.

Denny irawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8826 seconds (0.1#10.140)