Amien Rais Dukung PAN Gabung Pemerintah Jokowi

Kamis, 03 September 2015 - 11:58 WIB
Amien Rais Dukung PAN Gabung Pemerintah Jokowi
Amien Rais Dukung PAN Gabung Pemerintah Jokowi
A A A
YOGYAKARTA - Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyambut baik pertemuan Ketua Umum (Ketuma) PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin.

Bahkan, Amien juga sudah mengetahui bahwa partai yang dulu didirikannya itu kini bergabung dengan pemerintah.

Amien berharap bergabungnya PAN ke pemerintah merupakan langkah awal dari yang diharapkan, yakni memadu kekuatan politik bangsa untuk menghadapi krisis ekonomi yang sedang melanda negeri ini.

Tapi lanjut Amien, kalau hanya berhenti sekadar membujuk PAN masuk pemerintah dengan perhitungan remeh temeh agar jumlah kursi pemerintah di parlemen menjadi lebih besar dari oposisi, dan PAN dikasih imbalan dua atau tiga kursi di kabinet, maka hakikatnya sedang ada upaya pecah belah kekuatan politik yang mengindikasikan panggung politik runyam dan gaduh.

"Bila Golkar berhasil dipecah, PPP berhasil diadudomba, maka rangkulan pemerintah pada PAN bisa menjadi rangkulan maut," kata Amien dalam keterangan pers di Pendopo kediamanya, Pandean Sari, Condongcatur Depok Timur, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (3/9/2015).

Sejak dahulu, Ketum PAN sudah menegaskan bahwa berjuang di luar pemerintahan sebagai kekuatan oposisi yang rasional, etis, dan bertangung jawab juga mulia, semulia mereka yang berada dalam pemerintahan dalam membangun bangsa.

"Kami masih menunggu perkembangan beberapa hari kedepan, apakah langkah awal itu akan bermuara pada koalisi nasional yang benar benar bekerja untuk kepentingan bangsa, atau hanya manuver politik yang tidak terlalu bermakna," sebutnya.

Reshuffle jilid satu, kata Amien, tidak berdampak apa apa. Jangan-jangan reshuffle jilid dua, kalau hanya tambal sulam, dan tidak diletakan dalam perspektif jangka panjang, bisa berakibat lebih buruk lagi.

"Resep saya cuma satu, semua elemen bangsa harus duduk bersama dalam suasana saling percaya dengan satu tujuan, andaikata downward spiral ekonomi Indonesia terpaksa harus terjadi, bangunan politik nasional yakni persatuan dan kesatuan tidak boleh goyah," kata Amien.

Hadir dalam kesempatan itu beberapa pengurus PAN baik pusat maupun wilayah. Pengurus dari pusat seperti Chandra Tirta Wijaya, Bendahara PAN, kemudian Putra Jaya yang tak lain menjabat sebagai Sekretaris PAN. Putra Sulungnya, Hanafi Rais yang merupakan anggota Komisi I DPR juga terlihat bersama pengurus harian DPW PAN DIY.

Pilihan:

PAN Resmi Jadi Partai Pendukung Pemerintah Jokowi

Budi Waseso Kaget Dikabarkan Dicopot dari Kabareskrim
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1175 seconds (0.1#10.140)