Perbaikan Ekonomi Kunci Indonesia Tak Tertular Krisis Malaysia

Senin, 31 Agustus 2015 - 08:11 WIB
Perbaikan Ekonomi Kunci Indonesia Tak Tertular Krisis Malaysia
Perbaikan Ekonomi Kunci Indonesia Tak Tertular Krisis Malaysia
A A A
JAKARTA - Aksi demonstrasi besar-besaran terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia akibat krisis politik dan ekonomi yang terjadi. Muncul kekhawatiran krisis politik itu juga menjalar ke Indonesia.

Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Idil Akbar menilai, kemungkinan aksi demonstrasi besar-besar menjalar ke Indonesia bisa saja terjadi. Meski secara langsung Indonesia memang tak terhubung dengan kondisi politik dan perekonomian Malaysia.

"Namun saya melihat dari sisi gejolak politik yang sedang terjadi di Malaysia akibat jatuhnya ringgit terhadap dollar AS. Kita yang mengalami hal yang sama menurut saya hanya tinggal menunggu waktu," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Senin (31/8/2015).

Menurutnya, hal itu bisa terjadi jika tidak ada perbaikan signifikan terhadap dampak menguatnya dollar terhadap rupiah. Maka krisis ekonomi akan terjadi, yang mana akan merambat menjadi krisis politik dan krisis kepemimpinan.

"Kuncinya di perbaikan ekonomi. Minimal mengurangi dampak akibat melemahnya rupiah terhadap dollar," ucap Idil.

Dia menuturkan, perbaikan ekonomi dan kesejahteraan paralel dan berproses. Namun, kebutuhan mendesak adalah menjaga stabilitas ekonomi, semisal menjaga ketersediaan barang dan normalisasi harga.

"Untuk jangka pendek rakyat saya kira sedang butuh itu. Stabilitas ekonomi berkorelasi dengan stabilitas politik. Di Indonesia kecenderungannya ketidakstabilan ekonomi akan memicu terjadinya krisis politik," tandasnya.

PILIHAN:

Wanbin Gerindra Minta Capim Bermasalah Dilarang Masuk KPK

Pansel Dinilai Tak Transparan Seleksi Capim KPK
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9090 seconds (0.1#10.140)