Lembaga Tanpa Fungsi Jelas Akan Dilebur

Kamis, 20 Agustus 2015 - 14:06 WIB
Lembaga Tanpa Fungsi Jelas Akan Dilebur
Lembaga Tanpa Fungsi Jelas Akan Dilebur
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan melebur sejumlah lembaga nonstruktural (LNS) yang fungsinya dinilai tidak jelas saat ini.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan, banyak lembaga yang sudah tidak diperlukan.

"Ada kan lembaga yang apa ya, enggak enak ngomongnya," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Dia menambahkan, jumlah lembaga yang dimaksudnya itu sekira hampir 100 instansi. Peleburan itu, kata dia, untuk meminimalisasi jumlah lembaga tersebut. "Ya yang enggak enggak jelas fungsinya akan dilebur," ungkapnya.

Belum lama ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi kembali mengunjungi sejumlah kantor lembaga nonstruktural (LNS) di Jakarta.

Yuddy mengaku mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk mengurangi lembaga–lembaga nonstruktural, yang saat ini berjumlah lebih dari 100 LNS.
Dia menjelaskan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan terhadapLNS yang dibentuk berdasarkan perpres atau keppres.

Langkah tersebut bisa berupa langsung dieksekusi, dipertahankan, dibubarkan atau direvitalisasi. “Tetapi tidak etis kalau tanpa observasi lapangan langsung diputuskan. Jadi kita keliling– keliling dulu untuk melihat kantor – kantor LNS tersebut,” kata Menteri Yuddy Jakarta, Selasa 18 Agustus 2015.


PILIHAN:


Rizal Ramli-JK Ribut, Wibawa Presiden Dipertanyakan
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9660 seconds (0.1#10.140)