Kiat Ampuh Menghadapi Haters!

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 09:55 WIB
Kiat Ampuh Menghadapi Haters!
Kiat Ampuh Menghadapi Haters!
A A A
Seiring berkembangnya kreativitas yang kita miliki, penghargaan orang lain terhadap karya-karya yang kita hasilkan, biasanya akan semakin banyak juga haters yang bermunculan.

Tapi tenang, kemunculan hatersini enggak boleh sampai menghalangi ide kreatif dan semangat kita untuk terus berkarya. Untuk menangkalnya, kali ini GEN SINDOakan menampilkan beberapa kiat ampuh dalam menghalau upaya hatersini untuk membuat kita down. Yuk, disimak!

Kita enggak perlu mencermati komentarkomentar haters di media sosial kita. Kenapa? Karena kalau kata artis YouTube Indonesia Reza Oktovian, membaca komentar haters bisa jadi hanya membuang waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk berkarya. Nah yang bahaya, kalau komentar-komentar itu bisa membuat kita kesal atau down. Kalau sudah down, menurut Reza, kita justru cenderung malas untuk melanjutkan karya-karya kita. Sayang banget, kan?

Untuk menghadapi perilaku haters, tindakan menyelidiki profil haters kita itu terkadang perlu. “Kalau ada yang komentar negatif, coba selidiki profilnya. Kalau memang mereka lebih baik dari kita, ya oke, tutup saja mulut kita dan usaha lebih keras lagi. Kalau hatersitu enggak lebih baik dari kita, ketawainsaja. Sederhana, kok.”

Tidak bisa disangkal, kita hanya akan terus melestarikan komentar negatif dari hatersjika kita enggak pernah membungkam mereka dengan prestasi yang kita punya. Menurut Reza yang kini memiliki 106.533 subscribers di YouTube, membungkam haters itu butuh prestasi sebagai senjata ampuh. “Memang, butuh waktu dan proses yang cukup lama, plus niat juga. Tapi cara menunjukkan prestasi ini adalah cara yang terbaik menurut aku,” lanjutnya.

Meski diam adalah emas, bukan berarti kita tidak boleh melawan. Eits, tapi hati-hati, bukan lawan yang asal lawan seperti marah-marah enggak jelas. Reza yang mengaku kerap mendapat serangan hatersdi YouTube atau Ask FMini mengungkapkan, ia terbiasa melawan hatersdengan menggunakan gaya bahasa sarkastik.

Walau Reza sama sekali enggak menyarankan kita untuk mengikuti cara ini, kalau haters semakin nyinyir dari hari ke hari, mungkin boleh juga nih kita terapkan. Hehehe. Artis media sosial yang kian menjadi sasaran haterssaja masih berani menegakkan badan untuk berkarya, masa kita-kita yang baru merintis prestasi sudah roboh sama komentar negatif orangorang yang bahkan enggak kenal dekat sama kita?

Pada akhirnya, mengutip pesan dari Reza, “Media sosial itu akan dilihat oleh semua orang, kita enggak bisa maksainsemua orang buat suka sama kita. Seberapa keras pun kita usaha supaya semua orang suka sama kita, itu enggak akan berhasil. Kamu adalah nakhoda di kapal kebahagiaan kamu sendiri, kalau kamu tidak bisa mengambil kendali, orang lain yang akan ambil kendali itu,” katanya. So, tetap berkarya!

JEANETT VERICA
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5570 seconds (0.1#10.140)