Kecelakaan di Cipularang, Dua Orang Tewas

Selasa, 04 Agustus 2015 - 08:43 WIB
Kecelakaan di Cipularang, Dua Orang Tewas
Kecelakaan di Cipularang, Dua Orang Tewas
A A A
PURWAKARTA - Kecelakaan maut terjadi di tol Cipularang Km 89.700, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) kemarin siang.

Bus Saluyu jurusan Tasikmalaya-Pasar Rebo oleng, terguling berulang kali dan masuk parit. Akibatnya dua orang tewas dan belasan lainnya luka-luka. Dua korban tewas adalah Angga Lesmana, 27, warga Kampung Pesantren, Desa Maripari, Kecamatan Sukaweuning, Kabupaten Garut, Jabar. Korban kedua balita berusia 3,5 tahun, M Rizky bin Rinto, warga Kampung Urug, Desa Jaya Putra, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar.

Keduanya merupakan penumpang bus Saluyu. “Penyebab kecelakaan tunggal ini belum diketahui, masih dalam penyelidikan. Termasuk meminta keterangan sopir,” ungkap Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Azis Sarifudin. Kecelakaan bermula saat bus bernopol Z 7929 GA yang dikendarai Abdul Rojak ,37, warga Kampung Silagemi, Desa Karangmulya, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jabar, itu melaju kencang dari Bandung menuju Jakarta.

Setibanya di lokasi kejadian bus yang dikendarainya tiba-tiba oleng, dan terguling berkali-kali. Para penumpang pun terpental dari bus. “Penumpang luka-luka berat dan tewas karena bus terguling beberapa kali. Menurut saksi, bus membentur ke ruas jalan tol. Kemudian bus menabrak rambu-rambu tempat istirahat dan masuk parit,” imbuh Azis.

Seluruh korban baik yang tewas maupun luka-luka kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Thamrin, Purwakarta. Saat proses evaluasi dilakukan arus lalu lintas di jalur tersebut sempat terganggu. Adapun bangkai kendaraan dibawa ke Pool Jatiluhur. Kasus kecelakaan ini ditangani Unit Laka Lantas Polres Purwakarta.

Seorang korban luka-luka Suparman, 33, saat ditemui di RS Thamrin Purwakarta, juga mengaku tidak mengetahui penyebab mengapa bus yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. “Belasan penumpang terpental keluar dari kendaraan. Saya enggak tahu, tibatiba saja bus terguling. Kejadiannya berlangsung begitu cepat. Saya juga terpental keluar bus,” ucapnya, sambil menahan rasa sakit pada kepalanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Sugihardi menjelaskan, bus Saluyu mengalami kecelakaan saat mengambil lajur kiri atau lajur lambat sekitar pukul 12.30 WIB. “Saat kejadian bus mengambil lajur kiri dan masuk ke bahu jalan. Bus pun menabrak rambu tempat istirahat dan masuk parit,” jelasnya.

Pihak kepolisian, lanjut Sugihardi, akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi dari penumpang, termasuk sopir bus yang masih terbaring di rumah sakit.

Didin jalaludin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)