Mimpi Program Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat

Rabu, 29 Juli 2015 - 09:14 WIB
Mimpi Program Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat
Mimpi Program Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat
A A A
Pemerintah meluncurkan program pembangunan atau revitalisasi 1.000 pasar rakyat (pasar tradisional) untuk 2015. Dalam lima tahun ke depan ditargetkan 5.000 pasar rakyat bisa direvitalisasi.

- Menurut data Kementerian Perdagangan anggaran revitalisasi 1.000 unit pasar tradisional 2015 dianggarkan dana sebesar Rp2,39 triliun
- Anggaran revitalisasi pasar 2011-2014 sebesar 2,1 triliun.
- Menurut Federasi Organisasi Pedagang Pasar Indonesia (Foppi) mencatat di seluruh Indonesia terjadi penyusutan pasar sebesar 8%.
- Pasar tradisional selama 4 tahun (2007-2011) berkurang hingga 3.000 unit.
- Data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebutkan jumlah pasar tradisional di seluruh Indonesia turun drastis dari 13.540 menjadi 9.950 pasar dalam waktu 4 tahun (periode 2007-2011).
- Menurut data APKASI jumlah pasar tradisional di Indonesia lebih dari 13.450 pasar dengan jumlah pedagang berkisar 12.625.000 orang
- Data Kementerian Perindustrian pada 2007, jumlah pasar tradisional mencapai 13.750 pasar
- Pada 2011 Kementerian Perdagangan melansir data jumlah pasar tradisional tinggal 9.950 pasar atau sekitar 3.800 pasar tradisional telah lenyap
- Hasil survei IKAPPI menyebutkan pada 2011, ada 144 pasar terkena konflik akibat revitalisasi dan 161 pasar hangus karena kebakaran
- Data survei AC Nielsen tahun 2013 menunjukkan, jumlah pasar rakyat di Indonesia terus mengalami penurunan. Tahun 2007 pasar rakyat berjumlah 13.550, tahun 2009 berjumlah 13.450 dan tahun 2011 berjumlah 9.950.
- Perbandingan pertumbuhan pasar rakyat terhadap pasar modern cukup drastis, di mana pasar rakyat tumbuh melambat -8,1% sementara pasar modern tumbuh 31,4%.
- Menurut data Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo), pada 2010 masih terdapat sekitar 9.000 pasar yang bangunannya sudah tua dan lebih dari 20 tahun tidak tersentuh renovasi.
- Sebanyak 70% dari 13.000 bangunan pasar sudah berumur lebih dari 20 tahun.

PRIORITAS REVITALISASI PASAR RAKYAT


1. Untuk pasar yang telah berumur lebih dari 25 tahun

2. Pasar yang mengalami bencana kebakaran, pasca bencana alam, dan konflik sosial, daerah tertinggal, perbatasan, atau daerah yang minim sarana perdagangannya.

3. Daerah yang memiliki potensi perdagangan besar.

REVITALISASI DIFOKUSKAN PADA 4 ASPEK

- Revitalisasi Fisik
- Sebagai upaya perbaikan dan peningkatan fisik pasar agar lebih bersih, sehat dan nyaman
- Revitalisasi ekonomi sebagai upaya peningkatan pendapatan serta akses pedagang terhadap pembiayaan dan sumber produk yang diperdagangkan dalam revitalisasi ekonomi.
- Revitalisasi manajemen agar para pengelola dan pedagang dapat mengikuti standar operasional prosedur pelayanan dan pengelolaan pasar yang lebih profesional.

PASAR TRADISIONAL NUSANTARA PALING TERKENAL

1. Pasar Beringharjo, Yogya
Berdiri sejak 1925 Lokasi di Jl. Malioboro Yogya Barang yang dijual : batik dan aneka kerajinan serta kuliner khas Yogya

2. Pasar Senen, Jakarta
Lokasi di Jakarta Pusat Barang yang dijual: Pakaian bekas, onderdil kendaraan baik motor maupun mobil, pasar kue

3. Pasar Atas dan Pasar Lereng, Bukittinggi
Pasar Atas adalah tempatnya encari beragam kain siap jahit Pasar Atas adalah pusatnya aneka cenderamata khas Ranah Minang Pasar Lereng adalah pusatnya kuliner khas Sumbar

4. Pasar Tanah Abang, Jakarta
Pasar grosir di Jakarta Pusat ini terkenal sebagai sentra kain aneka jenis

5. Pasar Klewer, Solo
Pasar batik paling besar se-Indonesia. Pasar Klewer menyuguhkan aneka kuliner khas Solo dan Jawa Tengah

6. Pasar Gedebage, Bandung
Pasar Induk Gedebage adalah sentra pakaian bekas di Bandung.

7. Pasar Seni Sukawati, Bali
Pasar Sukawati menyediakan batik khas bali serta kaus bercorak Bali

PASAR TRADISIONAL TERUNIK


1. Pasar Apung Muara Kuin Borneo, Banjarmasin
Pasar di mana para pedagang dan pembeli menggunakan jukung atau perahuuntuk berinteraksi

2. Pasar Makale, Toraja
Pasar yang dikenal sebagai ‘Pasar Babi’ dimana menjajakan ternak babi, anak babi maupun daging babi.

3. Pasar Bolu Toraja
Pasar ini merupakan pusat penjualan kerbau, yang memiliki kedudukan istimewa bagi masyarakat Toraja

4. Pasar Tomohon, Sulawesi Utara
Pasar yang menjual daging tikus, ular, babi, kelelawar hingga anjing dan kucing

5. Pasar Bisu Koto Baru, Sumatera Barat
Pasar yang terkenal dengan tradisi Marosok atau jual beli ternak hidup lewat bahasa isyarat tangan yang ditutupi benda lain (kain, sarung, baju, topi dan sebagainya).

PENGERTIAN PASAR TRADISIONAL

Pasar tradisional adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah ataupun swasta yang bekerja sama dengan tempat usaha seperti kios, toko atau tenda yang dimiliki pedagang kecil, menengah ataupun koperasi.

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara langsung dan biasanya ada proses tawar menawar, bangunan yang digunakan untuk bertransaksi biasanya berupa kios-kios, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun pengelola pasar.

PASAR TRADISIONAL VS PASAR MODERN


Pasar Tradisional

-Secara fisik pasar ini berada relatif dekat dengan tempat tinggal kita. -Kedekatan antara penjual dan pembeli lebih terasa karena interaksi mereka yang berulang-ulang dan mendalam.

Pasar Modern

- Dalam bertransaksi antara penjual dengan pembeli tidak perlu dilakukan secara langsung melainkan pembeli cukup dengan melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.
-Pasar modern bermula dari Supermarket dan Department Store.

KEUNGGULAN PASAR TRADISIONAL


-Keunggulan dari segi lokasi yang strategis -Area penjualan yang luas
-Keragaman barang yang dijual, harga relatif murah
-Adanya sistem tawar menawar sehingga menimbulkan keakraban antara penjual dan pembeli.

KELEMAHAN PASAR TRADISIONAL


-Faktor tampilan pasar
-atmosfir (udara atau suasana)
-tata ruang
-tata letak
-keragaman dan kualitas barang
-promosi penjualan -jam operasional pasar yang terbatas
-optimalisasi pemanfaatan ruang jual

PASAR TRADISIONAL TERBAIK DI DUNIA

1. Pasar La Boqueria, Barcelona, Spanyol
Pasar tradisional La Boqueria sudah ada sejak abad ke-13. Dulunya, pasar ini adalah sebuah pusat penjualan daging babi. Di pasar ini para pedagangnya menjual beraneka ragam ikan, daging dan sayur mayur segar.

2. Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang
Masyarakat Jepang dikenal doyan mengonsumsi ikan segar. Salah satu pasar tradisional yang menjual daging ikan adalah Pasar Tsukiji. Pasar ini dikenal sebagai pasar ikan dan seafood terbesar di dunia. Pasar ini menjual lebih dari 400 jenis makanan laut.

3. Pasar Union Square Farmer, New York City, AS.
Pasar ini menampung hasil panen petani yang masih segar dan baru dipetik. Ada 140 petani lokal, penjual ikan, penjual roti, dan tukang daging yang menjual produknya di sini.

4. Pasar Or Tor tor, Bangkok, Thailand.
Pasar ini terletak di sebelah Pasar Chatuchak, Bangkok. Pasar Or Tor tor menjual beragam buah, sayur, hasil laut, manisan dan makanan jadi.

5. Pasar St Lawrence, Toronto, Kanada
St Lawrence adalah salah satu pasar terbaik di Kanada dan dunia. Anda bisa berbelanja beragam jenis sayuran maupun buah-buahan tropis di pasar tersebut.

6. Pasar Borough, London, Inggris.
Borough dikenal sebagai pasar buah dan sayur tertua di London. Pasar ini berada di kawasan Southwark. Pasar Borough sudah beroperasi sejak 1755 silam. Pasar ini khusus menjual produk lokal, keju olahan tangan dan roti.

7. Pasar Basah Kreta Ayer, Singapura.
Pasar ini terletak di kawasan Chinatown, Singapura. Pasar ini merupakan pasar basah khas Asia. Kreta Ayer menjual sayuran segar khas Asia, katak, kura-kura hidup, obat herbal Cina, tahu dan telur yang diawetkan.

8. Pasar Sentral Lancaster, Pennsylvania, AS.
Pasar ini adalah pasar tertua di AS. Pasar ini sudah beroperasi sejak 1730. Pasar Sentral menjual berbagai barang impor, produk lokal, bunga segar, makanan laut dan roti panggang hangat.

9. Marché Provencal, Antibes, Prancis.
Marché Provencal terletak di kota tua Antibes. Di sana berbagai bahan-bahan masakan yang didistribusikan dari wilayah Provence.

10. Pasar Basah Kota Kowloon, Hong Kong.
Bahan-bahan berkualitas terbaik dijual di pasar ini. Berbagai daging impor yang masih segar tersedia di pasar tersebut.

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Ahmad Ridwan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5971 seconds (0.1#10.140)