Tips Berkelana Sendirian

Sabtu, 11 Juli 2015 - 09:09 WIB
Tips Berkelana Sendirian
Tips Berkelana Sendirian
A A A
DUA RANSEL, pasangan yang telah mengunjungi lebih dari 45 negara, punya tips dan trik jika ingin melakukan solo traveling. Apa saja?

* Pinter-pinter browsing. Apalagi jika bujet terbatas. Riset sangat penting untuk mengetahui tempat paling murah atau lokasi dan kegiatan terbaik di sebuah tempat.
* Jangan malu tanya orang di jalan, tapi juga pinter-pinter baca situasi supaya enggak dibohongi orang.
* Akan banyak bertemu dengan hal tak terduga di jalan. Jangan dianggap sebagai kemalangan, anggap saja serunya perjalanan.
* Kudu mandiri dan tabah, enggak bisa tergantung orang lain. Harus tanggung jawab ke diri sendiri. Tapi worth it banget, kok!
* Enggak usah terpaku pada saran orang lain tentang ke mana saja dan ngapain saja di sana. Karena ini perjalanan pribadi sendiri, kita bisa lakukan apa yang sesuai dengan selera kita. Enggak perlu merasa harus gini harus gitu.
* Otomatis harus pandai jaga diri (dan barang bawaan) karena enggak ada yang njagain selain kita sendiri.
* Taruh uang dan kartu kredit/ATM di beberapa tempat yang berbeda. Jaga-jaga seandainya kecurian atau dompet jatuh, masih ada cadangan. Siapkan emergency money untuk keperluan darurat.
* Kenali adat setempat, jangan ngelakuin hal-hal yang bikin warga enggak nyaman
* Fotokopi paspor dan identitas lainnya, letakkan di tas ransel/koper dan juga tas tangan. Juga bikin fotokopi elektroniknya, email ke diri sendiri. Siapa tahu paspor atau identitas hilang, masih punya fotokopinya.

Mehran Ilma
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)