Rental Mobil Kebanjiran Pesanan

Selasa, 07 Juli 2015 - 08:54 WIB
Rental Mobil Kebanjiran Pesanan
Rental Mobil Kebanjiran Pesanan
A A A
JAKARTA - Setiap Lebaran mobil sewaan selalu menjadi salah satu pilihan moda transportasi para pemudik. Pesanan di sejumlah rental mobil pun meningkat tajam meski harga sewa naik 10 -30%.

Bemby, 45, pemilik rental mobil di Jalan Kol Sugiono, Duren Sawit, Jakarta Timur, menuturkan bahwa pihaknya memang sengaja menaikkan harga sewa untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR) pegawai. ”Sudah biasa, setiap hari besar keagamaan seperti Lebaran dan Natal kita naikkan, bahkan Tahun Baru juga. Walaupun sewa tarif naik, orderan sewa juga tidak pernah sepi,” katanya kemarin.

Jenis mobil Toyota Avanza yang biasa dibanderol dengan harga Rp400.000, pada Lebaran mencapai Rp550.000 per hari, dengan sistem penyewaan tidak menyediakan sopir ataupun lepas kunci. Jika lepas kunci, harga sewa sedikit lebih murah dibanding dengan disediakan sopir.

”Kalau disediakan sama sopir, biasanya akan ditambah cash Rp100.000- 150.000 per hari. Harga sewa mobil dan sopir itu belum termasuk biaya bahan bakar dan tol ditanggung yang nyewa mobil kami,” ucapnya. Jenis mobil yang biasanya menjadi favorit itu mobil keluarga, seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Kijang Innova, Suzuki APV, dan Daihatsu Xenia.

Mobil sedan relatif jarang disewa karena muatannya sedikit. ”Biasanya, kebanjiran orderan tiga minggu sebelum Lebaran. Kita minta uang panjar,” terangnya. Kerusakan mobil pun, jika terjadi, ditanggung penyewa. Semua mobil yang disewa sudah dimasukkan ke asuransi agar penyewa tidak terlalu berat.

Adapun bila mobil hilang, menjadi tanggung jawab kedua belah pihak. ”Kita biasanya minta KTP (kartu tanda penduduk), KK (kartu keluarga), dan foto yang penyewa. Setelah itu, kita buat surat perjanjian, setelah setuju baru yang sewa itu tanda tangan di atas materei,” tandasnya.

Pengusaha rental mobil lainnya, Roni Juninto, 48, menuturkan bahwa pihaknya sudah menerima pesanan sewa belasan unit mobil. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Mobil-mobil seperti Avanza/ Xenia keluaran di bawah 2012, All New Avanza/Xenia di atas 2012, dan Innova menjadi yang paling banyak dipesan untuk Lebaran nanti.

”APV dan Freed juga ada yang booking kok , tapi nggak sebanyak Innova, apalagi Xenia dan Avanza,” jelasnya. Roni juga telah mematok harga lebih tinggi untuk sewa saat Lebaran nanti. Sewa Xenia/Avanza di bawah 2012 yang biasa Rp300.000 menjadi Rp350.000 per hari, All New Xenia/Avanza yang biasa Rp350.000 menjadi Rp400.000 per hari, dan Innova yang biasa Rp450.000 menjadi Rp500.000 per hari. ”Jadi, kenaikan harga saya lakukan bagi yang ingin pakai Lebaran saja,” tuturnya.

Khusus untuk paket satu minggu, Roni memberikan diskon Rp100.000-200.000. Sewa Xenia/Avanza yang biasa Rp2,1 juta menjadi Rp2 juta, All New Xenia/Avanza dari Rp2,45 juta menjadi Rp2,3 juta, dan Innova dari Rp3,5 juta menjadi Rp3,4 juta. ”Tapi kalau mau pakai sopir, dikenakan tambahan biaya Rp100.000 per hari,” tambahnya.

Untuk booking, syarat untuk sewa harian dan mingguan pun menjadi berbeda. Penyewa harian hanya membawa persyaratan kartu keluarga dan identitas seperti KTP dan surat izin mengemudi (SIM) yang sama. Sementara khusus untuk sewa mobil satu minggu akan diantar ke tempat penyewa. ”Walau mobil-mobil saya dipasang GPS, tapi tetap kita kan harus jaga-jaga dan tahu orang yang sewa,” jelasnya.

Sementara Rahmad, pegawai Sosor Rental Mobil di Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan, mengatakan bahwa satu minggu sebelum Lebaran pihaknya tidak menyediakan sewa mobil per hari. Rentalnya hanya menyediakan paket Rp4 juta untuk mobil Avanza selama 5 hari. Sementara mobil Innova Rp8 juta selama 6 hari. Rahmad menegaskan, proses peminjaman juga diperketat.

Yang bisa menyewa mobil adalah mereka yang sudah memiliki rumah pribadi. Selain itu, calon penyewa harus menyertakan fotokopi KTP dan KK. ”Kita juga survei dulu ke alamat calon penyewa,” tuturnya. Tapi ternyata, tidak semua rental mobil banjir order.

Eko Sulistio, 45, salah satu pemilik rental mobil di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengungkapkan penyewa mobil bahwa tahun ini jauh lebih sepi dari tahun lalu. Pada tahun lalu, saat Lebaran masih sekitar dua minggu lagi, jumlah sewa mencapai 20 unit mobil. Sangat berbeda dengan tahun ini yang baru mencapai lima unit saja.

Sebagai antisipasi membeludak jumlah penyewa, Eko telah berkoordinasi dengan beberapa rental yang lebih kecil. ”Di sini kita sudah siapin 20 unit mobil, delapan di antaranya saya ambil dari kerja sama rekanan saya yang baru bermain rental mobil,” tutur pria yang mengaku sudah 10 tahun bergelut di bisnis ini.

Pengamat Transportasi Universitas Trisakti Yayat Supriatna mengatakan, fenomena mudik menggunakan rental mobil merupakan pilihan sejumlah masyarakat, terutama kalangan menengah dan yang memiliki mobilitas tinggi.

”Sebagian masyarakat sengaja bawa mobil supaya bisa memanfaatkan mudik sebagai silaturahmi dan kesempatan jalan-jalan di tempat wisata,” jelasnya.

Yan yusuf/ Ridwansyah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3162 seconds (0.1#10.140)