Beryoga pada Hari Yoga Internasional

Sabtu, 27 Juni 2015 - 10:39 WIB
Beryoga pada Hari Yoga Internasional
Beryoga pada Hari Yoga Internasional
A A A
Apakah kegiatan yang kalian lakukan untuk menyambut momen bahagia berbuka puasa? Mengapa tidak mencoba hal baru, yoga kala sore hari. Dalam upaya menduniakan olahraga yoga, dibuatlah Hari Yoga Internasional yang jatuh pada 21 Juni.

Tahun ini merupakan tahun pertama perayaan Hari Yoga Internasional. Berawal dari usulan Perdana Menteri India Narendra Modi pada 27 September 2014 kepada Majelis Umum PBB. Dia mengatakan, “Yoga adalah karunia berharga dari tradisi India kuno. Sebagai perwujudan kesatuan mental dan fisik; pikiran dan tindakan; pengendalian dan pencapaian; keharmonisan antara manusia dan alam semesta; dengan pendekatan holistik kepada kesehatan dan kesejahteraan.

Yoga bukanlah hanya melulu mengenai latihan fisik, juga mengenai kesatuan dengan diri sendiri, dunia dan alam semesta.” Pada perayaan Hari Yoga Internasional pertama ini, Jakarta sebagai salah satu kota besar di dunia dan memiliki dampak dari budaya India yang cukup luas, menjadi salah satu tuan rumahnya. Bertempat di Pintu Satu Senayan, acara ini digelar dengan meriah dan melibatkan ribuan peserta dari berbagai usia dan latar belakang, mulai anak kecil hingga lansia.

Hari Yoga Internasional di Jakarta ini diselenggarakan oleh Kedutaan India di Indonesia dan dibuka oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh. “Yoga adalah warisan budaya berharga dari tradisi India kuno. Semoga dengan beryoga, kita semua bisa membawa kedamaian, cinta, dan harmoni.” Dimulai sejak pukul 07.00 pagi, antusiasme para peserta sudah terlihat meski dilaksanakan pada pagi hari ketika bulan puasa.

Acara yang dilaksanakan kurang lebih 1 jam ini memberikan kesan yang cukup mendalam kepada para yogis (sebutan pelaku yoga). “Saya merasakan badan kembali segar setelah melakukan yoga ini,” tutur salah satu yogis. Selain dilaksanakan di Jakarta, pelaksanaan di Indonesia juga dilakukan di Kota Denpasar, Medan, dan Surabaya. Selain itu, banyak negara di dunia yang meramaikan kegiatan beryoga ini walau dalam momen puasa.

Yoga secara keseluruhan memiliki manfaat untuk kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, menghilangkan stres, mendamaikan hati, meningkatkan daya tahan, kelenturan, kepekaan dan energi, serta mempertajam indra, baik untuk dilakukan kapan saja, apalagi untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa.

Harapannya, tidak hanya menjadi perayaan yoga setahun sekali, juga dapat menjadikan kegiatan yang lebih masif untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi, yoga bisa jadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu. Badan jadi segar, pikiran plong dan hati senang. Kita pun bisa berbuka dengan lebih bahagia, baik pikiran, badan, maupun hati. Selamat puasa!

Arief Alqori
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3796 seconds (0.1#10.140)