Jokowi Bagikan Sepeda ke Anak Yatim

Jum'at, 19 Juni 2015 - 10:30 WIB
Jokowi Bagikan Sepeda ke Anak Yatim
Jokowi Bagikan Sepeda ke Anak Yatim
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan anak yatim di hari pertama Ramadan kemarin.

Sebanyak 400 anak yatim dari wilayah Jabodetabek diundang ke Istana Negara untuk bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Kegiatan yang berlangsung selama hampir dua jam itu juga dimeriahkan dengan kuis yang dipandu langsung oleh Presiden. Sebanyak 10 pertanyaan dilontarkan Presiden satu per satu seusai mendengarkan ceramah agama.

Kuis ini memperebutkan 10 sepeda yang telah disiapkan Presiden. Anak-anak yatim dengan antusias menjawab pertanyaan Presiden sambil mengacungkan tangannya. ”Sebutkan lima nama nabi kita. Coba itu yang belakang yang jawab. Jurinya Pak Menteri Agama,” ujar Presiden memulai kuis. Selain menanyakan namanama nabi, mantan gubernur DKI Jakarta ini juga melontarkan pertanyaan seperti siapa nabi pertama, menyebutkan rukun Islam, nama-nama malaikat, jumlah juz di dalam Alquran, membaca surat Ad Dhuha, dan nama lain dari bulan puasa.

Pertanyaan terakhir Presiden kepada tamunya adalah siapa nama dirinya, yang dijawab oleh anak yatim bernama Ilham yang berusia 6 tahun. Dalam ceramah agama yang disampaikan oleh Imam Masjid Baiturrahim Kompleks Istana KH Tajuddin Hasan disebutkan bahwa bagi yang memuliakan anak yatim dan kaum dhuafa akan dicintai Allah SWT. Sedangkan orang yang menyiasiakan dan menghardik anak yatim adalah orang-orang yang mendustai agama.

Sebanyak 400 anak yatim yang hadir di Istana antara lain berasal dari Yayasan Al Matiin, Fathkul Khoir, Uswatun Hasanah, Muhammadiyah Jakarta, Darul Aytam Attaqwa. Yayasan yang diundang khusus berbuka puasa bersama di halaman Istana itu berasal dari wilayah Ciledug, Tanah Abang, Tebet, Kampung Melayu, dan Depok.

Rarasati syarief
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5618 seconds (0.1#10.140)