Pendidikan Berkontribusi Terhadap Mutu Institusi

Selasa, 16 Juni 2015 - 09:44 WIB
Pendidikan Berkontribusi Terhadap Mutu Institusi
Pendidikan Berkontribusi Terhadap Mutu Institusi
A A A
BEKASI - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meresmikan Gedung Grha Tanoto dan Perpustakaan Tanoto di Kompleks Universitas Bhayangkara Jaya (Ubhara) di Jalan Raya Perjuangan, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, kemarin.

Pembangunan gedung seluas 3.650 meter persegi itu merupakan corporate social responsibility (CSR) dari PT Wilmar Nabati Indonesia dan Tanoto Foundation. Gedung ini menambah fasilitas perkuliahan untukseluruhmahasiswaUbhara di Bekasi. Badrodin mengatakan, institusi pendidikan dengan fasilitas pendidikan yang bermutu memberi kontribusi besar dalam membentuk mahasiswa sebagai yang andal serta kompeten.. ”Pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa ini,” katanya.

Dia menyambut baik pihak swasta yang berperan aktif membantu pemerintah dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. ”Ini langkah yang baik, terima kasih kepada Ubhara yang meningkatkan mutu pendidikan personel dan keluarga Polri,” ujarnya. Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti Jenderal (Purn) Sutanto mengatakan, Kota Bekasi sebagai kota penyangga DKI Jakarta telah menjadi kota besar.

Seiring dengan hal tersebut, jumlah peserta didik SMA di Kota Bekasi juga telah terus meningkat dan telah mencapai 90.000 siswa. Untuk itu, diperlukan universitas yang dapat dipercaya dan memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) serta fasilitas yang mampu mengakomodasi kebutuhan dunia pendidikan saat ini. ”Kami mendekati perusahaan untuk menyisihkandanaCSRmembangun kampus Ubhara,” tambahnya.

Menurutnya, keberadaan perpustakaan yang dilengkapi dengan referensi cetak maupun elektronik dapat dijadikan sumber informasi yang lengkap dan terbaru. Hal itu mampu mendukung proses pembelajaran serta penelitian bagi civitas akademika Ubhara maupun masyarakat Bekasi dan sekitarnya. Selain itu, Ubhara akan terus berupaya membenahi sejumlah sektor vital seperti bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan, bidang keuangan, bidang personel, serta kemampuan manajerial pejabat struktural, dan meningkatkan kualitas dosen di kampus Ubhara.

”Termasuk, di dalamnya terwujud tata kelola manajemen yang baik, seperti akuntabilitas, transparansi, responsibility, dan fairness,” tegasnya. Dewan Pembina Tanoto Foundation Imelda Tanoto menambahkan, selama ini pihaknya fokus pada pendidikan. Pertama, peningkatan akses pendidikan. Kedua, perbaikan kualitas pendidikan. Gedung Serbaguna Grha Tanoto dan Tanoto Library di Ubhara Jaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

”Sekaligus, sebagai sarana pendukung peningkatan SDM dosen dan peneliti di kampus ini. Kami harapkan ini jadi awal kerja sama jangka panjang,” paparnya. Peresmian itu juga dihadiri mantan Kapolri Jenderal (Purn) Rusdiharjo, Jenderal (Purn) Roesman Hadi, dan Jenderal (Purn) Sutanto.

Termasuk, pejabat Polri yang masih aktif, di antaranya Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Dwi Priyatno, Kapolresta Bekasi Kota Kombes Pol Daniel Bolly Tifaona, serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Saud Usman Nasution.

Abdullah m surjaya
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6906 seconds (0.1#10.140)