Ini Curhat Titiek Mengenang Hari Lahir Soeharto

Senin, 08 Juni 2015 - 08:16 WIB
Ini Curhat Titiek Mengenang Hari Lahir Soeharto
Ini Curhat Titiek Mengenang Hari Lahir Soeharto
A A A
YOGYAKARTA - Hari ini, 8 Juni merupakan hari kelahiran Presiden kedua RI HM Soeharto, presiden yang memimpin negeri ini selama 32 tahun.

Salah satu putri almarhum Soeharto, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto mengaku belajar banyak dari pengalaman hidup ayahnya,

Titiek melihat sosok ayahnya merupakan pemimpin yang tegas dan bersahaja. Dia mengungkapkan memiliki banyak kenangan yang tidak bisa terlupakan jika menceritakan perjalanan hidup Pak Harto.

"Banyak sekali kenangan dengan Pak Harto, saya banyak belajar dari Bapak," kata Titiek Soeharto saat ditemui di Kepatihan Yogyakarta usai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, belum lama ini.

"Beliau itu orangnya sederhana, bersahaja, pemimpin yang tegas dan bijaksana. Pak Harto itu ayah yang bertangung jawab pada keluarga, dan banyak lagi," kata anggota DPR dari Fraksi Golkar itu.

Sepanjang hidup Pak Harto, kata Titiek, yang dipikirkan bagaimana bangsa ini keluar dari kemiskinan dan menuju negara yang sejahtera.

Hal itu, sambung dia, dilakukan Pak Harto dari zaman perjuangan melawan penjajah, mengisi kemerdekaan, hingga akhirnya sampai wafat karena sakit.

"Yang dipikirin itu hanya bagaimana mensejahterakan masyarakat. Masyarakat mendapat pekerjan yang layak, Itu yang sangat melekat dihati saya sampai detik terakhir beliau di rumah sakit (meninggal)," katanya.

Sedangkan sosok kepribadian Pak Harto, kata Titiek, tidak menyeramkam seperti yang digambarkan orang.

Titiek menyadari seorang pemimpin pasti ada yang suka begitu juga sebaliknya. Orang yang berseberangan dengan Pak Harto pasti akan melakukan beragam cara untuk menjatuhkannya.

Titiek mengenal betul karakter ayahnya karena sejak kecil selalu bersama dan mengajarkan nilai-nilai falsafah dalam hidup. "Bagi saya beliau bisa dijadikan contoh untuk diambil yang baik," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6594 seconds (0.1#10.140)
pixels