Obituari KH Noer Muhammad Iskandar, Pendiri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Minggu, 13 Desember 2020 - 16:25 WIB
loading...
Obituari KH Noer Muhammad Iskandar, Pendiri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah
Ulama kharismatik yang juga pimpinan Ponpes Asshiddiqiyah Jakarta, Dr KH Noer Muhammad Iskandar, SQ meninggal dunia pada Minggu (13/12/2020) siang sekitar pukul 13.41 WIB pada usia 65 tahun. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ulama kharismatik yang juga pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Asshiddiqiyah Jakarta, Dr KH Noer Muhammad Iskandar, SQ meninggal dunia pada Minggu (13/12/2020) siang sekitar pukul 13.41 WIB pada usia 65 tahun.

Semasa hidupnya, ulama kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur, 5 Juli 1955 itu dikenal sebagai dai yang sering kali menghiasi layar kaca televisi nasional. Tak sekadar sebagai dai, Kiai Noer juga aktif di panggung politik dan pernah menjadi fungsionaris DPPPartai Kebangkitan Bangsa(PKB) Kuningan. (Baca juga: Pimpinan Ponpes Asshiddiqiyah KH Noer Muhammad Iskandar Wafat)

Ponpes Asshiddiqiyah yang beliau dirikan bahkan berkembang pesat hingga memiliki 11 cabang di dalam dan luar kota. Pesantren ini memadukan sistem pembelajaran klasik dan modern.

Dikutip dari laman resmi Pesantren Asshidiqiyah, asshiddiqiyah.com, Kiai Noer merupakan putra kesembilan dari sebelas bersaudara dari pasangan KH Iskandar dengan Nyai Robiatun. KH Noer Muhammad Iskandar memulai pendidikannya di pesantren tradisional Sumber Beras, Banyuwangi, Jawa Timur yang langsung diasuh oleh ayahnya sendiri, KH Iskandar.

Setelah menamatkan pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah, tahun 1967 beliau melanjutkan ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur yang pada waktu itu di asuh oleh KH Mahrus Aly.

Di Pondok Pesantren Lirboyo, beliau pernah memimpin ikatan santri Banyuwangi. Pada 1974, beliau lulus dari Pondok Pesantren Lirboyo kemudian melanjutkan kuliah di PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an) Jakarta.

Kiai Noer merupakan sosok ulama yang sukses membangun tradisi keilmuan pesantren di jantung Ibu Kota Jakarta. Upaya membangun pesantren di Ibu Kota bukan tanpa perjuangan.

Perjalanan dan perjuangan panjang pun harus dilalui dengan berbagai tantangan yang berat. Namun berkat dukungan dan dorongan yang begitu kuat dari Kyai Mahrus Ali, Pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Kiai Noer Muhammad Iskandar, SQ pun berhasil.

“Ia banyak membuka wawasan dan cakrawala berpikir saya akan pentingnya pendidikan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata Kiai Noer tentang Kiai Mahrus Ali. (Baca juga: Rektor Unpad ke-7 Yuyun Wirasasmita Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun)

Bukan hanya itu, dalam upaya membuka cakrawala berpikir dan memahami Alquran, umumnya metode yang diterapkan di pesantren-pesantren berkembang dengan pendekatan dogmatis. Akibatnya, pemahaman Alquran sebagai way of life seringkali menjadi terbatas dipahaminya, yaitu hanya menyentuh aspek ubudiyah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)