Petugas Haji Kunci Kualitas Pelayanan Jamaah

Jum'at, 05 Juni 2015 - 09:13 WIB
Petugas Haji Kunci Kualitas Pelayanan Jamaah
Petugas Haji Kunci Kualitas Pelayanan Jamaah
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan akan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap jamaah haji dan bertekad lebih baik dari tahun lalu. Karena itu, petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) akan menjadi kunci keberhasilan.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam mengatakan, PPIH sesungguhnya kepanjangan tangan menteri agama selaku penentu dalam keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji. ”Kami minta semua petugas untuk disiplin,” kata Nur Syam di Jakarta kemarin. Menurut dia, pelaksanaan haji tidak hanya dilakukan orang Indonesia, tapi juga banyak negara.

Tidak hanya melibatkan pihak administrasi penyelenggaraan di Indonesia, tapi juga diArab Saudi. Banyak pihak yang terkait sehingga tidak menutup kemungkinan ada masalah-masalah yang tidak terduga nantinya saat pelaksanaan di lapangan. ”Tahun lalu ada jamaah di Madinah ditempatkan di luar Markaziyah, padahal semua sudah diupayakan sejak awal agar itu tidak terjadi.

Tahun ini semoga lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ungkapnya. Lebih lanjut, Nur Syam juga meminta agar petugas haji tetap menomorsatukan pelayanan kepada para jamaah haji. Jangan sampai ada kesalahan yang berarti lantaran pihak petugas haji itu niat utamanya yakni menjadi pelayan jamaah haji.

Dengan begitu, petugas tidak akan salah dalam menjalankan tugas sehingga jamaah menjadi puas terhadap pelayanan yang mereka terima selama beribadah haji. Sementara berdasarkan data informasi kesehatan jamaah haji, 54,7% jamaah haji Indonesia tergolong risiko tinggi (risti).

Mereka sangat rentan saat pelaksanaan haji. ”Saat ini suhu udara di Arab Saudi mencapai 50 derajat dan kelembaban rendah, membuat efek yang tidak diinginkan, terutama kelompok risti. Tidak merasa panas karena kelembapan, padahal sudah dehidrasi,” kata MenkesNila F Moeloek di Jakarta kemarin.

Alfian faizal
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7478 seconds (0.1#10.140)