Muswil PAN Jadi Ajang Konsolidasi Pilkada

Senin, 01 Juni 2015 - 05:59 WIB
Muswil PAN Jadi Ajang Konsolidasi Pilkada
Muswil PAN Jadi Ajang Konsolidasi Pilkada
A A A
JAMBI - Partai Amanat Nasional (PAN) tengah melaksanakan pergantian kepemimpinan daerah lewat Muyawarah Wilayah (Muswil) di tingkat provinsi, yang sekaligus menjadi ajang konsolidasi kader PAN di daerah untuk menghadapi Pilkada Serentak 2015.

"Kita akan menyelesaikan persoalan wilayah dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dalam pembukaan Muswil Jambi di Hotel Novita, Jambi, Minggu 31 Mei 2015.

"Konsolidasi partai 2015 lewat Muswil dan Musda (Musyawarah Daerah) sudah harus dilaksanakan, karena banyak agenda yang harus dihadapi, salah satunya Pilkada Serentak 2015," imbuhnya.

Zulkifli mengatakan, sudah saatnya PAN untuk memajukan dan memimpin negeri ini. Terlebih PAN memiliki sejarah kuat untuk memajukan negeri ini, karena PAN hadir di era reformasi.

"Sekarang saatnya PAN kita jadikan partai besar," seru Zulkifli.

Oleh karena itu lanjutnya, PAN menerapkan tradisi baru dalam Muswil dan Musda dengan mengedepankan musyawarah mufakat dalam memilih pemimpin daerah. Karena, untuk mewujudkan PAN yang besar tidaklah mudah, dan penuh pertarungan.

Sehingga, dibutuhkan konsolidasi daerah yang tidak menimbulkan gejolak di daerah. "Apa yang saya dan Bang Hatta (Hatta Rajasa) rasakan dalam kongres kemarin tidak boleh terulang," pesannya.

Zulkifli menegaskan, dengan mengedepankan musyawarah mufakat dalam pemilihan Muswil dan Musda merupakan cara yang demokratis. Dan dia mengingatkan agar tidak ada politik uang dalam pemilihan.

Kalau Muswil pakai pertarungan seperti kongres pasti nantinya akan meninggalkan luka, dan lama sembuhnya. "Coba lihat teman-teman kita panjang urusannya sampai sekarang belum selesai," ujarnya.

Dan untuk pilkada di Jambi, sambungnya, kader PAN sudah tahu harus mencalonkan siapa yakni, Bupati Tanjung Jabung Timur, Zumi Zola. Dengan jumlah kursi PAN di DPRD Provinsi Jambi yang cukup banyak sehingga, tidak ada pilihan lain kalau pilkada di Jambi nanti PAN harus menang.

"Mulai hari ini dan besok tiada hari untuk istirahat. Ketua DPW, DPD kabupaten/kota, cabang dari luar juga bekerja bersama-sama memenangkan Pilkada 2015," tegas Ketua MPR itu.

Zulkifli menambahkan, karena pilkada dilaksanakan serentak, dia menginstruksikan agar semua kader PAN dan juga para kepala daerah PAN bekerja secara bersama-sama untuk memenangkan Pilkada 2015.

Untuk calon, tokohnya bisa siapa saja yang penting punya wawasan kebangsaan dan jadi kepala daerah bagi daerahnya. "Kemudian pileg, yang nanti barengan dengan pilpres. PAN nanti akan bikin konvensi. Kita akan buka secara transparan," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1185 seconds (0.1#10.140)