Indonesia Digdaya di Pentas Global

Rabu, 20 Mei 2015 - 11:12 WIB
Indonesia Digdaya di Pentas Global
Indonesia Digdaya di Pentas Global
A A A
Ditengah massifnya penetrasi brand-brand mancanegara di jagad konsumen Tanah Air, ternyata tak sedikit brand lokal Indonesia saat ini yang justru berjaya dan berdiri kokoh di kancah global.

1.INDOMIE

Dibuat : 9 September 1970
Produk : Mie Instan Indomie adalah produk makanan berupa mie instan yang diproduksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Keunggulan : Setelah diluncurkan lebih dari 20 tahun, Indomie kini telah merambah ke 80 negara di lima benua, memenuhi selera konsumen global.

2.MAYORA

Berdiri : 17 Februari 1977
Produk : Biskuit, permen, wafer, coklat, sereal, kopi, mie instan PT Mayora Indah Tbk atau Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta.
Keunggulan : Sejak tahun 1982 produk Mayora telah masuk panggung internasional, mempunyai kualitas produk internasional dan inovatif.

3. KALBE FARMA

Berdiri : 10 September 1966
Produk : Farmasi PT Kalbe Farma Tbk merupakan perusahan internasional yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan yang bermarkas di Jakarta. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam-macam bahan farmasi.
Keunggulan : Merupakan produsen terbesar di pasaran dalam negeri, baik untuk produk Ethical (obat dengan resep dokter) maupun produk OTC (Over The Counter), selain melayani pasar dalam negeri, sejak tahun 1988 produk-produk dari PT. Kalbe Farma sudah diekspor ke luar negeri.

4.YUPI

Berdiri : 1995-1996
Produk : Permen jelly, permen karet PT Yupi Indo Jelly Gum, atau lebih dikenal dengan Yupi, adalah sebuah perusahaan manufaktur permen di Indonesia. Yupi memiliki pasar yang luas di seluruh dunia.
Keunggulan : Menjadi market leader di Singapura, memiliki lebih dari 40 distributor di 40 negara.

5.SEMEN INDONESIA

Berdiri : 1957
Produk : Semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (dahulu PT Semen Gresik adalah produsen semen terbesardi Indonesia dan merupakan BUMN pertama yang go public.
Keunggulan : BUMN pertama yang berstatus multinational corporation, memilik harga jual yang sangat kompetitif di tingkat ASEAN. Jaringan distribusi didukung oleh banyak unit gudang penyangga, pengoperasian packing plant di lokasi strategis dan tersebar di seluruh Indonesia serta didukung oleh 361 distributor nasional, menguasai pangsa pasar domestik terbesar yakni mencapai sekitar 44%.

6.TELKOM INTERNATIONAL (TELIN)

Diluncurkan : 2012
Produk : Telekomunikasi international Telkom International (Telin) adalah produk PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) yang dikhususkan untuk melakukan ekspansi pasar dunia.
Keunggulan : Menetapkan sepuluh negara target di tahun 2013, menjalin kerjasama dengan perusahaan mitra lokal yang memiliki reputasi baik untuk negara yang pasarnya lebih tertutup.

7.PERTAMINA LUBRICANTS

Diluncurkan : 2007
Produk : Pelumas Pertamina Lubricants adalah anak perusahaan Pertamina yang meluncurkan produk pelumas Pertamina Lubricants.
Keunggulan : Pertamina Lubricants telah merambah 25 negara di lima benua, menggandeng pabrikan supercar ternama: Automobili Lamborghini, selalu memegang komitmen melahirkan produk yang baik dan berkualitas.

8.BLIBLI COM

Berdiri : 2010
Produk : belanja online Blibli.com adalah salah satu E-comerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall.
Keunggulan : Ragam produk kebutuhan rumah tangga yang super lengkap, gratis ongkos kirim se-Indonesia, layanan customer care, sistem pembayaran yang aman, mudah dan terpercaya.

9.BIOFARMA

Berdiri : 1890
Produk : vaksin Bio Farma adalah sebuah BUMN berkantor di Bandung yang memproduksi vaksin dan sera untuk mendukung program imunisasi di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Bio Farma telah masuk ke dalam daftar prakualifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO)
Keunggulan : Sudah memproduksi 15 jenis vaksin dengan total konsumsi 1,9 milyar dosis, mulai tahun 2015 mengekspor vaksin terbaru Pentavalen yakni vaksin yang menggabungkan 6 vaksin dasar, lolos dari persyaratan utama badan kesehatan dunia (WHO).

10.INACO

Berdiri : Desember 1990
Produk : Produk olahan kelapa (Inaco Nata de Coco, Jelly Inaco, dan Aloevera Inaco) Inaco adalah produsen nata de coco kebanggaan Indonesia yang sudah menembus pasar internasional.
Keunggulan : menguasai sekitar 60% pangsa pasar nata de coco di Jepang, edukasi berkesinambungan, inovasi, serta konsisten menjaga kualitas produknya.

11.MARTHA TILAAR

Berdiri : 1970
Produk : Sari Ayu, Biokos (produk perawatan wajah anti aging), Caring Colours (produk dekoratif, make up dasar), Belia (splash cologne untuk remaja), Berto T. Martha Tilaar Group merupakan sebuah perusahaan kosmetika terkemuka yang memproduksi dan menyediakan produk dan pelayanan kecantikan yang inovatif dan berkualitas tinggi.
Keunggulan : Sejumlah produk Martha Tilaar telah menembus pasar global di 10 negara, pengembangan bisnisnya selalu dipengaruhi oleh nilai-nilai adat ketimuran dan didesain dengan penggunaan teknologi modern.

12.ALLEIRA BATIK

Berdiri : 2005
Produk : batik Alleira Batik merukan merek perusahaan batik yang didirikan oleh empat wanita, Lisa Mihardja, Zakaria Hamzah, Ade Kartika, dan Anita Asmaya Sanin. Alleira Batik saat ini menjadi merek fashion yang digandrungi kalangan highend termasuk orangorang penting di pemerintahan, baik di dalam maupun di luar negeri.
Keunggulan : Motif dan desain yang diciptakan selalu mengikuti perkembangan zaman, meski tetap mempertahankan sisi tradisional batik, Alleira mengemasnya secara kreatif dan berani.

13.POLYGON

Berdiri : 1989-1990
Produk : Produsen merek-merek sepeda kenamaan kelas dunia PT Insera Sena yang memproduksi Polygon adalah perusahaan sepeda di Desa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur yang memproduksi semua jenis sepeda, baik sepeda transportasi, sepeda anak-anak, dan lifestyle.
Keunggulan : Sejak tahun 2012 Polygon mulai mengembangkan saluran distribusi di Eropa, saat ini produknya tersebar hampir di 50 toko di Jerman dan Prancis, hingga saat ini telah merambah 62 negara.

14.MAK (Mega Andalan Kalasan)

Berdiri : 1988
Produk : Produsen ranjang rumah sakit dan medical equipment MAK adalah perusahaan swasta nasional di Kalasan, Sleman yang bergerak dalam bidang engineering & manufacturing perlengkapan rumah sakit.
Keunggulan : Memiliki 80% market share pasar domestik, sudah masuk di 36 negara, pada 2014 nilai ekspornya mencapai 20% dari total produksi.

15.ABN (Abadi Nusa)

Berdiri : 1981
Produk : Alat tensi jantung, sphygmomanometers, stetoskop, tensimeter dan parts. ABN (Abadi Nusa) adalah produsen alat tensi jantung dan stetoskop asal Padalarang Bandung, Jabar yang sukses merambah pasar di lima benua.
Keunggulan : Sekitar 90% produknya dipasarkan untuk ekspor, salah satu perusahaan besar Indonesia yang sukses dengan bisnis alat kesehatan, hampir menguasai 50% pangsa pasar tensimeter lokal.

16.GARUDA FOOD

Berdiri : 1958
Produk : Kacang kulit, kacang atom, kacang ting ting, keripik, pilus, jelly, biscuit, basic food (enerfill), mountea, nata drink. GarudaFood adalah perusahaan makanan dan minuman dibawah kelompok usaha Tudung (Tudung Group) yang terkenal dengan produknya Kacang Garuda dan Okky Jelly Drink.
Keunggulan : Sukses melakukan ekspansi ke pasar China dan India, rajin melakukan inovasi dan melakukan investasi di bidang sumber daya manusia, masuk dalam 5 besar industri makanan dan minuman nasional.

17.GARUDA INDONESIA

Berdiri : 26 Januari 1949
Produk : Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk adalah maskapai penerbangan nasional yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (BUMN). Mengantongi penghargaan sebagai maskapai bintang lima oleh lembaga riset Skytrax.
Keunggulan : Ketepatan waktu, kenyamanan, keamanan, Airport Tax termasuk dalam harga tiket pesawat, pengakuan internasional.

18.ACCUPUNTO

Berdiri : 2002
Produk : Furnitur Accupunto adalah merek desain furnitur dari Accupunto/Indoestry, perusahaan yang memproduksi furnitur dengan gaya modern dan minimalis.
Keunggulan : Menggandeng desainer luar negeri dalam melakukan inovasi, menjual produknya secara terbatas, menciptakan konsep “Indoestry” yakni sebuah workshop yang dilengkapi mesinmesin co-working space dan affordable office.

19.SIDO MUNCUL

Berdiri : 1940
Produk : Jamu PT Sido Muncul adalah pabrik jamu tradisional di Semarang yang sistem kerjanya menggunakan mesin-mesin mutakhir dan saat ini telah berkembang menjadi perusahaan besar.
Keunggulan : Produk Sido Muncul saat ini telah mencapai lebih dari 200 item, mendekatkan produk Sido Muncul di mancanegara dengan memperhatikan unsur lokalitas.

20.KELOLA MINA LAUT (KML)

Berdiri : 17 Agustus 1994
Produk : Pengolahan ikan, udang, rajungan, teri nasi, seafood olahan, surimi, bakso ikan. KML merupakan perusahaan Indonesia terbesar dalam pengolahan hasil laut dan perikanan secara terpadu yang berlokasi di Gresik, Jatim.
Keunggulan : Eksportir tebesar produk jenis ikan teri nasi (dry seafood) yang menguasi 70% pasar Jepang dengan volume ekspor setiap bulan mencapai 25 kontainer.

21.SRITEX

Berdiri : 1996
Produk : tekstil PT Sri Rejeki Isman (Sritex) adalah pabrik tekstil terbesar di Asia Tenggara yang berada di Sukoharjo, Jateng.
Keunggulan : Produsen pakaian militer tebaik di dunia, dalam produksinya selalu memperhatikan tiga hal yakni kualitas, pengiriman tepat waktu serta harga yang kompetitif, memasok pakaian militer ke 26 negara.

22.D'EYEKO INDONESIA

Dibuat : 2008
Produk : bulu mata palsu D'Eyeko Indonesia merupakan merek bulu mata palsu dari perusahaan lokal wig dan bulu mata palsu PT Bintang Mas Triyasa di Purbalingga, Jateng.
Keunggulan : Mengajak sejumlah artis ternama sebagai brand ownership bukan brand ambasador, menghadirkan produk bulu mata palsu lokal yang terbuat dari rambut asli, produk sudah bersertifikasi ISO 14000:1.

Pengertian, fungsi dan kriteria

-Merek adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi.
-Merek dapat menjadi suatu nilai tambah bagi produk baik itu produk yang berupa barang maupun jasa.

Jenis-jenis

-Merek dagang
-Merek jasa
-Merek kolektif

Fungsi

1. Tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya.
2. Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya. Sebagai jaminan atas mutu barangnya. Menunjukkan asal barang/jasa dihasilkan.

Kriteria dalam pemilihan merek

-Mudah diingat
-Memiliki makna
-Menarik dan lucu
-Fleksibel
-Legal

Karakter brand supaya menjadi potensial

A quality product
Sejak kepuasaan konsumen digunakan untuk mengukur nilai-nilai merek (brand values), kualitas adalah nomor satu yang diinginkan konsumen
Being first
Menjadi yang pertama dalam pasar, bukan dalam teknologi
Unique positioning concept
Merek harus memiliki posisi konsep yang unik, yang akan membedakan dari pesaingnya
Strong communications program
Brand yang sukses harus disertai dengan penjualan yang efektif, pengiklanan, kampanye promosi yang akan mengkomunikasikan fungsi dari brand itu dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Time and Consistency
Merek tidak dibangun dalam waktu yang cepat, membutuhkan waktu untuk membangun merek tersebut dan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Dalam memelihara nilainilai merek dibutuhkan waktu berkesinambungan.

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Budhi Cristanto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6977 seconds (0.1#10.140)