Yusril Prihatin Muncul Pemimpin DPR Tandingan

Kamis, 30 Oktober 2014 - 06:59 WIB
Yusril Prihatin Muncul Pemimpin DPR Tandingan
Yusril Prihatin Muncul Pemimpin DPR Tandingan
A A A
JAKARTA - Pembentukan pemimpin DPR tandingan oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang kini telah terjadi, sungguh memprihatinkan bagi perkembangan demokrasi di Indonesia.

Hal itu dikemukakan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra. Menurutnya,
politikus kita belum mampu mendahulukan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi

"Para politisi harusnya mampu mengedepankan musyawarah dalam memecahkan persoalan bangsa, bukan semata-mata main kuat-kuatan dengan voting," kata Yusril lewat akun twitternya, @Yusrilihza_Mhd, Kamis (30/10/2014).

"Kembalilah kepada kepribadian bangsa yang mengedepankan kepentingan bersama dan menjunjung tinggi kemajemuka," imbuhnya.

Politikus Partai Bulan Bintang (PBB) ini mengungkapkan, negara ini tidak akan pernah berjalan baik dan sempurna, kalau dikuasai oleh satu golongan saja, baik di eksekutif maupun di legislatif

"Kekuasaan harus berbagi secara adil dan berimbang. Semua harus diberi kesempatan untuk memimpin lembaga negara secara proporsional," ucapnya.

Menurut Yusril, para politikus dapat bercermin pada pengisian jabatan eksekutif dan legislatif di awal reformasi pasca Pemilu 1999. Ada keseimbangan di sana

"Kedepankan musyawarah, bicara dari hati ke hati, jangan menutup diri apalagi arogansi. Selamatkan bangsa dan negara dari kekacauan," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, inti dari semua itu adalah, para politikus harus mampu menahan diri. Kedepankan kedewasaan berpolitik dan cari penyelesaian kompromi

"Inilah kunci penyelesaian masalah yang kini dihadapi bangsa dan negara di tengah gejala yang mulai mengarah kepada kekisruhan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3340 seconds (0.1#10.140)