Dituntut 12 tahun, Budi Susanto bersumpah tujuh turunan

Kamis, 02 Januari 2014 - 21:45 WIB
Dituntut 12 tahun, Budi Susanto bersumpah tujuh turunan
Dituntut 12 tahun, Budi Susanto bersumpah tujuh turunan
A A A
Sindonews.com - Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek Simulator SIM Budi Susanto mengaku tertipu, sehingga ahirnya terjerat kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan dugaan korupsi.

"Saya ditipu orang, saya masuk penjara. Saya serahkan Tuhan saja," kata Budi usai pembacaan tuntutan di pengadilan Tipikor Jakarta,

Bahkan Budi menuding Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia, Sukotjo Bambang, sebagai dalang di balik pengaturan proyek Simulator SIM. Bahkan, dia menantang untuk sumpah tujuh turunan.

"Berani saya sumpah tujuh turunan kalau ada saya mengatur proyek itu. Semua kerjaan Sukotjo. Kalau dia berani sumpah tujuh turunan. Saya mau bersumpah, Sokojto itu siapa, pemain," tandas Budi.

Tak hanya itu, Budi melihat tuntutan jaksa KPK sangat berat, pasalnya tidak sesuai dengan bukti persidangan. Ketika disinggung siapa pihak lain yang ikut mengatur proyek Simulator, dia eggan membeberkan. "Itu tanya jaksa saja," pungkasnya.

Seperti diketahui, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Budi Susanto terdakwa kasus dugaan korupsi simulator SIM di Mabes Polri dengan hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta atau subsider enam bulan penjara.

Tak hanya itu, Jaksa KPK juga menuntut Budi dengan pidana tambahan uang pengganti kepada negara sebesar Rp88,446,926.695. Budi diwajibkan membayar setelah putusan berkekuatan hukum tetap, jika tidak dibayar satu bulan setelah itu maka seluruh hartanya disita dan dilelang. Jika tidak mencukupi, diganti dengan pidana penjara selama enam tahun.

Dalam surat dakwaan, Budi dianggap merugikan keuangan negara dan memerkaya diri sendiri sebesar Rp88,446 miliar dalam dugaan korupsi proyek pengadaan Simulator SIM di Korps Lalu Lintas Polri pada 2011 senilai Rp198 miliar.

Diteror, LPSK lindungi Bambang Sukotjo
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2003 seconds (0.1#10.140)