Usulan Sarwo Edhie sebagai pahlawan bisa ditolak

Selasa, 19 November 2013 - 17:26 WIB
Usulan Sarwo Edhie sebagai pahlawan bisa ditolak
Usulan Sarwo Edhie sebagai pahlawan bisa ditolak
A A A
Sindonews.com - Untuk menjadikan seseorang sebagai pahlawan nasional harus didukung oleh sejumlah bukti sejarah yang kuat. Dan yang terpenting, orang itu tidak pernah keluar dari perjuangan.

"Pengajuan itu biasanya dari daerah yang kemudian diajukan ke gubernur dan dilanjutkan ke pemerintah pusat. Yang ujungnya memang di tangan Presiden," kata Pengamat Sejarah Universitas Indonesia (UI) Abdul Rahman, Selasa (19/11/2013).

Sebelum diputuskan Presiden, usulan itu dikaji mendalam oleh tim tersendiri di Kementrian Sosial. Jika dirasa kurang maka harus ditambahkan lagi data pendukungnya. Bahkan, tak jarang usulan itu harus berkali-kali dikembalikan hanya untuk menambahkan data pendukung.

"Data ini sangat penting untuk menjadi kajian. Tidak hanya bisa dengan usulan saja, kalau kurang dukungan ya enggak bisa," tegasnya.

Dari usulan yang diajukan, tidak semua bisa lolos. ada sejumlah nama yang tidak diloloskan menjadi pahlawan nasional hanya karena tidak ada data pendukung. "Padahal perjuangan dia nyata dan dirasakan masyarakat," ungkap Abdul Rahman.

Untuk itu, dia mengingatkan agar tidak dengan mudah memberikan usulan pada tokoh untuk dijadikan pahlawan nasional. "Untuk mementukan apakah Sarwo Edhie bisa jadi pahlawan itu nanti dikaji oleh tim terlebih dulu. Dia memang punya perananan kala peralihan Orde Lama ke Orde Baru. Tapi yang utama adalah seseorang harus berjuang dan tidak pernah menyerah," pungkasnya.

Sarwo Edhie tak mudah jadi pahlawan nasional
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5932 seconds (0.1#10.140)