Politik

Biaya logistik Pemilu 2014 telan Rp14,4 triliun

Selasa,  3 September 2013  −  15:45 WIB
Biaya logistik Pemilu 2014 telan Rp14,4 triliun
Ketua KPU Husni Kamil Manik (Dok SINDOphoto)

Sindonews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil mengadakan pertemuan dengan seluruh Kapolres se-Indonesia di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan untuk membahas pengamanan pendistribusian logistik Pemilu 2014 nanti.

Diakui oleh Husni, untuk pendistribusian logistik tersebut memakan biaya yang tidak sedikit, yakni sebesar Rp14,4 triliun.

"Totalnya anggarannya di tahun 2014 tahapan 14,4 triliun," kata Husni di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jalan Tirtayasa, Jakarta Selatan, Senin (3/9/2013).

Husni mengatakan, 60 persen dari anggaran tersebut akan digunakan untuk honor penyelenggara pemilu seperti KPU, KPUD Provinsi, KPUD Kabupaten Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"(Biaya tersebut) 60 persen untuk honor penyelenggara pemilu hingga kecamatan, desa/kelurahan dan TPS," tegas Husni.

Sampai saat ini, Husni mengatakan bahwa KPU masih melakukan lelang pembuatan logistik pemilu. Dengan adanya lelang tersebut, diharapkan bisa selesai hingga akhir tahun dan pada awal tahun dilanjutkan dengan proses produksi logistik.

"Setelah selesai, mulai kirim. Strategi pengiriman, prioritas daerah terjauh. Target selesai akhir Februari, sehingga Maret KPU Kabupaten/Kota mulai sortir sehingga bisa pilah yang sesuai standar mutu yang ditetapkan," tandas Husni.


(kri)

views: 922x
Bagikan artikel ini :

 

shadow