September, akan ada penyaluran BLSM tahap 2

Kamis, 18 Juli 2013 - 03:06 WIB
September, akan ada penyaluran BLSM tahap 2
September, akan ada penyaluran BLSM tahap 2
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 47.074 Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sudah diretur. Jumlah ini setara dengan 0,3 persen dari total 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Menanggapi hal ini, Direktur PT Pos I Ketut Mardjana mengatakan, 22 Juli mendatang akan melakukan identifikasi secara menyeluruh, berapa angka persis KPS yang diretur.

Menurutnya, penggantian KPS akan melewati mekanisme tersendiri selama satu bulan yang akan selesai pada akhir Agustus. "Setelah penggantian KPS selesai, pada awal September akan ada penyaluran BLSM tahap dua," kata Ketut Mardjana, di kantor Kemenko Kesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2013).

Terkait data penerima KPS dan BLSM yang meleset dari angka sebenarnya, Kepala Pokja Pengendali Cluster I (program Bansos berbasis RT dan keluarga) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Sri Kusumastuti Rahayu mengatakan, ada perubahan data dari 2011 sampai 2013 menggunakan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011.

Diperkirakan, kacaunya penyaluran KPS dan BLSM meleset sekira enam persen pada data. Lanjut dia, perubahan data diperkirakan akan mempengaruhi data penerima raskin pada tahun depan. "Data dimasukkan ke komputer dan kami masukkan semua variabel. Dengan sendirinya komputer akan menyeleksi data-data yang dimasukkan," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8531 seconds (0.1#10.140)