Sosial & Budaya

Ibu hamil harus rajin cek kesehatan

Rabu,  26 Juni 2013  −  03:04 WIB
Ibu hamil harus rajin cek kesehatan
Ilustrasi, (Ist).

Sindonews.com - Dirjen Bina Gizi Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Slamet Yuwono mengatakan, setiap ibu hamil harus rajin memantau kesehatan dirinya dan anak semasa dalam kandungan.

Saat ini kebanyakan anak Indonesia terlalu banyak mengkonsumsi nasi sebagai sumber kekuatannya. Dengan begitu pola makan tidak seimbang, mengakibatkan mereka kekurangan gizi dengan berat dan tinggi badan tidak ideal.

"Kebanyakan orang Indonesia kalau makan nasinya banyak dibandingkan lauknya. Sedangkan makanan untuk kandungan vitaminnya banyak seperti sayur, buah, susu, protein, tidak diperhatikan," ucapnya.

Menurutnya, hal ini menjadi fatal jika tidak diperhatikan sejak kandungan, karena akan mengakibatkan generasi otak kosong. "Artinya generasi dengan badan besar tetapi kecerdasaan otaknya kurang," ucapnya.

Lebih lanjut Slamet menjelaskan, saat ini kekurangan gizi dan gizi buruk, banyak menimpa anak-anak. Saat ini anak berumur dua sampai lima tahun kekurangan 4,5 persen terkena gizi buruk, 5 persen kekurangan gizi. Sedangkan 15 persen balita kelebihan berat badan dan 34,8 persen anak-anak bertubuh pendek.

"Umur satu tahun berat badan 8,6 kg (kilogram) dengan tinggi 74,3 cm (centimeter), dua tahun berat badan 10,8 kg dengan tinggi badan 84,8 cm, umur tiga tahun berat badan 12,7 kg dengan tinggi badan 94,4 kg, umur empat tahun tinggi badan 14,4 kg dengan tinggi 99,1 cm, sedangkan pada umur lima tahun berat badannya 16 kg dengan tinggi badan 105,3 cm," jelasnya.


(maf)

views: 1.262x

 

shadow