Panglima TNI Keluarkan Surat Pembatalan Pembelian Heli AW 101

Rabu, 28 Desember 2016 - 15:08 WIB
Panglima TNI Keluarkan Surat Pembatalan Pembelian Heli AW 101
Panglima TNI Keluarkan Surat Pembatalan Pembelian Heli AW 101
A A A
JAKARTA - Teka-teki rencana pembelian Helikopter AgustaWestland 101 (AW 101) oleh TNI Angkatan Udara terjawab sudah saat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan menolak rencana pembelian heli pabrikan Inggris tersebut.

Gatot Nurmantyo menyatakan membatalkan pembelian heli itu dan ‎akan mengajukan surat pembatalan ke pihak kontraktor. "Yang jelas saya sudah buat surat untuk pembatalan ‎kontrak," tegas Gatot usai memberikan ceramah umum di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Meski dirinya tak menjelaskan secara pasti kapan surat pembatalan itu dibuat, namun surat tersebut sudah lama dibuat. Gatot pun memastikan, surat pembatalan itu akan menjadi pedoman bagi TNI-AU untuk bertindak. "Sekarang tidak jadi (beli Heli AW 101)," ucapnya.

Sebelumnya, TNI AU berencana membeli helikopter AW 101 itu. Heli yang dibeli bukan untuk VVIP seperti yang pernah menjadi perdebatan, tapi untuk mengangkut pasukan dan SAR (Search and Rescue).

"Ini untuk kebutuhan militer, bukan VVIP, untuk SAR, bencana. Kita perlu heli yang menampung kapasitas besar, yang mampu membawa pasukan, dan pasti sesuai dengan kebutuhan," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya.

Jemi membantah bila pihaknya disebut membeli heli tersebut diam-diam. Pembelian heli sudah berdasarkan restu pemerintah, seperti Bapenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertahanan, dan Komisi I DPR.

"Dan ini TNI AU tidak sendiri, ada keikutsertaan stakeholder terkait, tidak bisa berdiri sendiri," tambah Jemi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3362 seconds (0.1#10.140)