Bertemu Xi Jinping, Jokowi Berpeluang Bahas Laut China Selatan

Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:08 WIB
Bertemu Xi Jinping, Jokowi Berpeluang Bahas Laut China Selatan
Bertemu Xi Jinping, Jokowi Berpeluang Bahas Laut China Selatan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi kepala negara pertama yang diterima Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China‎, Xi Jinping. Pertemuan bilateral dua pemimpin negara itu sekaligus mengawali pertemuan tingkat tinggi atau KTT G20 di China.

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, pertemuan bilateral yang dilakukan Jokowi dan Xi Jinping akan membahas banyak hal mengenai masalah perekonomian dunia. Menurutnya, dalam pertemuan itu tak menutup kemungkinan akan disinggung posisi Indonesia terhadap Laut China Selatan.

‎"Saya kira kan sifat pertemuan itu interaktif. Jadi kalau misalnya muncul isu itu, akan sangat tergantung," ujar Retno di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Retno menjelaskan, terkait Laut China Selatan, posisi Indonesia dianggap sudah 'clear' bahwa wilayah tersebut mencakup kedaulatan Indonesia.‎ Sikap Indonesia ini pun dianggap sudah dipahami Pemerintah China.

Retno menambahkan, menyoal wilayah itu, RI tetap berprinsip pada letak perairan yang berada di wilayah Natuna. Sehingga, tindakan yang diambil pemerintah saat ini bukan lah tindakan yang berlebihan.

‎"Saya kira posisinya kan sudah jelas. Tetapi tidak bisa dihindari atau kemungkinannya sangat besar mengenai LCS akan muncul. Tetapi sekali lagi bahwa Tiongkok adalah partner Indonesia yang sangat signifikan‎," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)