Isu Reshuffle Jadi Alat Ampuh Jokowi Gertak Para Menteri

Senin, 25 Juli 2016 - 10:35 WIB
Isu Reshuffle Jadi Alat Ampuh Jokowi Gertak Para Menteri
Isu Reshuffle Jadi Alat Ampuh Jokowi Gertak Para Menteri
A A A
JAKARTA - Isu perombakan (reshuffle) kabinet yang tak segera dieksekusi dinilai sebagai alat ampuh bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggertak para menterinya agar bekerja lebih baik.

"Apabila presiden tidak lakukan (reshuffle) dua bulan ini, ini cara presiden lakukan gertak. Ini gertakan bagi menteri agar terpacu," kata pengamat politik Ray Rangkuti saat dihubungi, Senin (25/7/2016).

Ray menyebutkan, isu reshuffle juga sempat digunakan sebagai alat gertak pada medio akhir 2015 lalu. Menurutnya, akibat muncul isu reshuffle di penghujung tahun tersebut kinerja menteri pada kurun November hingga Desember 2015 terbukti mengeliat.

"Mungkin ini pengalaman yang akan diulang lagi," ucap Ray.

Dugaan reshuffle sebagai alat gertak ini lanjut Ray, juga tampak dari komposisi nama-nama menteri yang beredar ke publik. Menurutnya, nama-nama menteri yang diduga bakal di-reshuffle berubah secara berkala.

"Kalau kita buat garis besarnya, pralebaran nama-nama yang mau di-reshuffle itu menteri nonpartai, tapi setelah lebaran nama-nama menteri parpol (partai politik)," tandas Ray.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4197 seconds (0.1#10.140)