Cara Dirjen Hubdar Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik Lebaran

Senin, 27 Juni 2016 - 00:57 WIB
Cara Dirjen Hubdar Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik Lebaran
Cara Dirjen Hubdar Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik Lebaran
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan perhatian khusus terhadap fasilitas bus mudik gratis tahun ini.

Kemenhub membuat suatu program zero accident (tak ada kecelakaan), di mana pihaknya mengawasi operasional, sarana dan prasana bus mudik gratis selama beroperasi.

Dirjen Hubdar Kemenhub Pudji Hartanto mengatakan, pihaknya memanggil seluruh sopir untuk diseleksi terkait kesehatannya dan diuji urinenya.

"Kemarin kami baru laksanakan tes urine sopir bus mudik gratis di Senayan. Semuanya lulus tes urine dan dinyatakan sehat," kata Pudji saat dihubungi di Jakarta, Minggu 26 Juni 2016.

Selain itu menurut Pudji, pihaknya memberikan arahan kepada sopir untuk menjaga kesehatan selama beroperasi. Bahkan, setiap sopir yang mengikuti program bus mudik gratis, wajib meneken pakta integritas.

"P‎ara pengemudi juga telah berikrar dan menandatangi komitmen untuk bersama-sama menjaga keselamatan penumpang serta taat peraturan lalu lintas," jelas Pudji.

Pudji mengungkapkan, pihaknya juga meminta agar sopir bekerja tidak melewati delapan jam operasi. Bahkan dia menekankan kepada perusahaan otobus (PO) untuk membatasi jam kerja selama empat jam saja.

Selain itu dia meminta kepada PO, untuk m‎enyediakan sopir cadangan di setiap bus. Di sisi lain lanjut Pudji, pihaknya menginstruksikan jajaran Dishub di kabupaten dan kota untuk terjun ke lapangan guna mengawasi sopir-sopir yang mengebut di jalanan.

Pudji juga mengaku sudah berkoordinasi dengan polisi untuk membuat pagar betis mengawasi kecepatan bus. "Harapan kami, sopir bus bereaksi bahwa dia sadar dalam pantauan kami," imbuh mantan Kapolda Sulselbar ini.

Lebih lanjut, ujar Pudji, kepada penumpang bus mudik gratis, diperbolehkan untuk menegur sopirnya, jika kecepatan kendaraan terlalu kencang. "Insya Allah semua aman sampai tujuan. Usaha-usaha ini kita harapkan terjadinya zero accident," tandas Pudji.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5315 seconds (0.1#10.140)