Amien Tuding Freeport Lakukan 3 Skandal Kejahatan di Papua

Senin, 14 Desember 2015 - 16:41 WIB
Amien Tuding Freeport Lakukan 3 Skandal Kejahatan di Papua
Amien Tuding Freeport Lakukan 3 Skandal Kejahatan di Papua
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua MPR Amien Rais menuding PT Freeport Indonesia telah melakukan tiga skandal kejahatan selama mengeruk kekayaan alam di bumi Papua.

"Pertama, Freeport lakukan skandal ekologi, yang menghancurkan lingkungan. Sudah miliaran ton dibuang ke Sungai Arafura sehingga menjadi penuh polusi. Sungai yang tadinya hijau, sekarang jadi tertutup," ujar Amien di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2015).

Kedua, lanjut Amien, Freeport telah melakukan pembangkangan pajak. Amien berspekulasi, perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu menggemplang pajak triliunan rupiah yang tidak dibayarkan kepada pemerintah Indonesia.

"Freeport itu bayar pajaknya lebih kecil dari cukai rokok Gudang Garam, atau Djarum. Ini penghinaan luar biasa," tegas Amien.

Ketiga, lanjut Amien, Freeport juga telah melakukan kejahatan kemanusiaan. Menurutnya, banyak warga di sekitar lokasi pertambangan terusir dari tanahnya sendiri.

Bahkan, ada juga masyarakat yang ditembak lantaran mengais emas dari limbah tambang yang dibuang oleh Freeport. "Jadi, sekali lagi, Freeport itu menghina kita secara ugal-ugalan. Kita akan gembira, jika ini kembali ke pangkuan kita. Yakinlah, Amerika tidak bisa apa-apa," pungkas Amien.

PILIHAN:

Luhut Ngaku Hanya Dengar Sepotong Rekaman Kasus Freeport

Surat Edarannya Dicueki Guru, Ini Respons Menpan RB
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8151 seconds (0.1#10.140)