KPK Cek Kekayaan Sekda Riau Buntut Istri dan Anak Pamer Harta

Senin, 27 Maret 2023 - 19:04 WIB
loading...
KPK Cek Kekayaan Sekda Riau Buntut Istri dan Anak Pamer Harta
KPK bakal mengecek harta kekayaan milik Sekda Riau, SF Hariyanto. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) bakal mengecek Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, SF Hariyanto. Hal itu menyusul viralnya video gaya hidup mewah alias hedon istri dan anak SF Hariyanto di media sosial (medsos).

"Kami nanti akan cek dulu tentunya terkait ini di Direktorat LHKPN," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Senin (27/3/2023).

Jika nantinya dalam laporan harta kekayaan ditemukan kejanggalan maka KPK akan menindaklanjuti dengan mengklarifikasi SF Hariyanto. ”Klarifikasi itu kan pasti dilakukan setelah kami melakukan pemeriksaan dulu, pemeriksaan itu apa, tim LHKPN ke lapangan, mengecek harta kekayaan secara faktual, kami memiliki data faktualnya baru kemudian kami undang untuk klarifikasi," katanya.



Menurut Ali, pihaknya melakukan klarifikasi karena sudah memiliki data factual sebelumnya. "Jadi orang-orang yang sudah diklarifikasi itu karena kami sudah memiliki data sebelumnya dari faktual yang ada di lapangan. Nah soal itu nanti kami akan komunikasikan, kami tanyakan dlu kami cek apakah ada proses-proses itu," sambungnya.



Seperti diberitakan, pamer harta kekayaan hingga gaya hidup mewah alias flexing para pejabat negara di media sosial sedang disorot publik. Setelah pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), kini Sekretaris Daerah (Sekda) Riau SF Hariyanto yang disorot.

Pamer gaya hidup mewah Istri SF Hariyanto diviralkan oleh pemilik akun Twitter @PartaiSocmed. Pemilik akun @PartaiSocmed mengunggah beberapa foto gaya hidup hedon istri SF Hariyanto yang memamerkan tas mewah. Teranyar, pemilik akun @PartaiSocmed juga mempertanyakan pesta ulang tahun anak SF Hariyanto yang begitu mewah.

"Selamat pagi Pak SF Hariyanto, Sekda Riau, apakah video pesta di Ritz Carlton ini adalah pesta puteri Bapak? Jika iya apakah hotelnya Ritz Carlton KW dan pestanya cuma pesta imajinasi?," demikian dikutip dari akun Twitter @PartaiSocmed, Selasa, 21 Maret 2023.

Hasil penelusuran dari laman elhkpn.kpk.go.id, Sekda Riau SF Hariyanto mempunyai harta kekayaan sebesar Rp9.724.258.000 (Rp9,7 miliar). Harta tersebut dilaporkan SF Hariyanto pada 11 Maret 2022 untuk periodik 2021 dengan jabatannya sebagai Sekda Riau.

Adapun, harta SF Hariyanto meliputi aset berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Pekanbaru, dan Tangerang Selatan. Ia tercatat memiliki sembilan aset tanah dan bangunan senilai Rp8,5 miliar. Bukan hanya tanah beserta bangunan, SF Hariyanto juga tercatat memiliki tiga unit mobil meliputi merek Velfire ZG Minibus 2014; Toyota Harrier tahun 2015; serta Toyota Fortuner 2020.

Kemudian, dia juga mempunyai satu unit sepeda motor merek Pantom. Total kendaraan SF Hariyanto senilai Rp845 juta. Tak hanya itu, SF Hariyanto juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya Rp216 juta serta kas dan setara kas Rp154 juta. Dengan demikian, total harta kekayaan SF Hariyanto yakni senilai Rp9.724.258.000 (Rp9,7 miliar).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)