Budi Waseso Didesak Umumkan Capim KPK Tersangka

Rabu, 02 September 2015 - 13:19 WIB
Budi Waseso Didesak Umumkan Capim KPK Tersangka
Budi Waseso Didesak Umumkan Capim KPK Tersangka
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul meminta Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri segera mengumumkan Calon pemimpin (Capim) Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) yang berstatus tersangka.

Hal ini kata Ruhut, guna menghindari persepsi publik adanya upaya kriminalisasi terhadap lembaga antirasuah tersebut.

‎"Saya minta lebih baik diumumkan sekarang, karena nanti kembali lagi ada kata kriminalisasi," kata Ruhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/9/2015).

Ruhut melanjutkan, pengumuman nama salah satu Capim KPK yang berstatus tersangka juga agar kerja keras sembilan srikandi Panitia seleksi (Pansel) KPK selama ini tidak sia-sia.

Saat disinggung siapa nama salah satu Capim KPK yang berstatus tersangka, politikus Partai Demokrat ini mengaku belum mendapatkan informasi ihwal nama tersebut.

"Saya percaya Pak Buwas (Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso) dan kawan-kawan sudah bekerja dengan baik, ini untuk menghindari ada kata-kata kriminalisasi," ucap Ruhut.

Sebelumnya, Komjen Pol Budi Waseso mengungkapkan ada seorang Capim KPK yang berstatus tersangka kasus pidana. Budi menjelaskan, orang tersebut termasuk dalam 48 Capim KPK yang rekam jejaknya pernah ditelusuri oleh Bareskrim Polri.

Dia menolak menyebutkan identitas capim tersebut. Buwas biasa disapa menandaskan, telah memberi informasi tersebut kepada Pansel Capim KPK.

Cuma saat penelusuran rekam jejak oleh Bareskrim, status capim tersebut baru terindikasi terlibat dalam kasus tindak pidana. Namun saat ini Capim KPK tersebut sudah ditetapkan menjadi tersangka.

"Terlibat dalam kasus pidana. Yang satu sekarang sudah meningkat menjadi tersangka," kata Budi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat 28 Agustus 2015.

Dia mengatakan, penetapan tersangka tersebut merupakan hasil pengembangan Bareskrim. Saat ditanya apakah tersangka itu masuk dalam 19 Capim KPK yang saat ini sedang menjalani proses seleksi, Buwas belum dapat memastikan.

"Saya enggak tahu, Saya belum baca (siapa saja 19 Capim KPK itu)," ujar Budi.

Pilihan:

Award ke Pemimpin Korut Bikin Nama Bung Karno Tercoreng
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3236 seconds (0.1#10.140)