DPR Yakin Muhammadiyah Tak Akan Bentuk Parpol

Rabu, 05 Agustus 2015 - 08:52 WIB
DPR Yakin Muhammadiyah Tak Akan Bentuk Parpol
DPR Yakin Muhammadiyah Tak Akan Bentuk Parpol
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay menilai, Muhammadiyah tidak mungkin membuat partai politik (parpol). Sebab, sebagai gerakan civil society posisi Muhammadiyah saat ini sudah tepat.

"Mendirikan partai politik dan berafiliasi dengan partai politik akan mengerdilkan peran dakwah Muhammadiyah," ujar Saleh dalam keterangan pers yang diterima Sindonews, Rabu (5/8/2015).

Kendati demikian, Muhammadiyah tidak boleh apolitis. Muhammadiyah harus terlibat dan mengikuti semua dinamika politik kebangsaan. Muhammadiyah juga perlu memberikan warna bagi politik kekuasaan yang ada.

"Cara paling mungkin dilakukan oleh Muhammadiyah adalah dengan mendistribusikan kader-kader terbaiknya kepada partai-partai politik yang ada. Tentu, partai yang dituju adalah partai yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan dakwah Muhammadiyah," ucap Saleh.

Mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu menilai, dengan sistem politik yang semakin liberal, Muhammadiyah memang tidak perlu malu-malu untuk menyusun strategi pendistribusian kadernya ke parpol-parpol.

Namun, lanjut Saleh, jarak dan kedekatan kepada parpol itu harus tetap dijaga. Dengan begitu, misi dakwah profetik Muhammadiyah tidak terkooptasi dan tercemari dengan politik kekuasaan yang cenderung mengabaikan idealitas dan mengedepankan pragmatisme.

"Relasi dengan politik dan kekuasaan selalu dibicarakan di Muhammadiyah. Karena itu, warga dan aktivis Muhammadiyah sudah memahami urgensi dan tantangannya. Tidak perlu didorong-dorong agar Muhammadiyah terjun ke politik praktis," tandasnya.

PILIHAN:

Perindo Apresiasi Kondusifnya Muktamar Muhammadiyah

Hukuman Mati Tidak Melanggar HAM
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5933 seconds (0.1#10.140)