Pragmatisme Politik Tak Jadi Faktor Utama di Pilkada

Jum'at, 31 Juli 2015 - 05:18 WIB
Pragmatisme Politik Tak Jadi Faktor Utama di Pilkada
Pragmatisme Politik Tak Jadi Faktor Utama di Pilkada
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno berpendapat, pragmatisme bukan merupakan faktor utama bagi partai politik (parpol) untuk tidak mengusung calon sendiri di suatu daerah.

Menurutnya, karena ada pertimbangan lain bagi parpol untuk mengusung calon kepala daerah (cakada) atau calon wakil kepala daerah (cawakada).

"Pragmatisme merupakan faktor yang kesekian dalam hal ini," kata Eddy saat dihubungi Koran SINDO, Kamis 30 Juli 2015.

Menurut Eddy, yang menjadi bahan pertimbangan PAN khususnya adalah, rekam jejak dan prestasi kepala daerah ketika memimpin daerahnya, sehingga yang bersangkutan menjadi sangat populer dan dipercaya oleh rakyatnya.

Jika kondisinya demikian, sebagaimana yang terjadi di Surabaya, Banyuwangi, dan Kutai Kartanegara (Kukar), maka PAN tentu akan mendukung calon tersebut.

"PAN tentu mendukung kepala daerah incumbent berdasarkan logika politik yang nyata," jelasnya.

Oleh karena itu lanjutnya, sulit bagi PAN untuk mendukung kandidat lain atau mengusung calon lain apabila kepala daerah yang berwawasan kebangsaan dan berhasil membangun dan memimpin daerahnya berniat maju kembali.

Meski harus diakui bahwa idealnya memang, calon kuat tersebut menggandeng calon wakil kepala daerah dari PAN, agar PAN berkontribusi langsung terhadap pembangunan daerah tersebut.

"Namun jika ternyata kondisinya belum memungkinkan, kita tidak akan memaksakan kehendak," tegasnya.

Mengenai kemungkinan PAN mengusung calon di 12 daerah tersebut, dia menjelaskan, sejak awal PAN sudah tidak memiliki kandidat lain selain kepala daerah yang telah PAN usung dan daftarkan ke KPU.

"Rasanya tambahan waktu tidak akan melahirkan faktor baru yang akan membuat kita berubah pikiran," tandasnya.

Pilihan:

Kicauan Yulianis Soal Nazar & KPK, Bikin Mahfud Bereaksi

KIP Tolak Permintaan LSM Soal Informasi Dokumen Prabowo
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5148 seconds (0.1#10.140)